Advertisement

Pengumuman! Layanan Permohonan SIM dan SKCK Libur, 1-4 Juni 2023

Ujang Hasanudin
Rabu, 31 Mei 2023 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pengumuman! Layanan Permohonan SIM dan SKCK Libur, 1-4 Juni 2023 Puluhan warga mengantre untuk memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) di mobil layanan SIM keliling di Stadion Kridosono, Kotabaru, Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kepolisian Resor Bantul memastikan tidak ada pelayanan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) selama cuti bersama dan libur akhir pekan mulai dari 1-4 Juni, pekan ini.

Sebagaimana diketahui pada 1 Juni ini libur nasional dalam rangka Hari Lahir Pancasila, kemudian 2 Juni libur Hari Raya Waisak, lalu disusul dengan libur akhir pekan pada 3 dan 4 Juni 2023.

Advertisement

Kasi Humas Polres Bantul, IPTU I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan momen cuti dan libur tersebut membuat pelayanan SIM dan SKCK mengalami perubahan. “Untuk pelayanan SIM dan SKCK libur empat hari pada tanggal 1-4 Juni 2023,” katanya, Rabu (31/5/2023).

BACA JUGA: Korupsi Pemeliharaan SSA Bantul, Pengacara Pertanyakan Soal Tersangka Lain

Bagi masyarakat yang akan mengajukan permohonan SIM baru maupun perpanjangan bisa dilakukan pada Senin (5/6/2023) mendatang. “Jadi masyarakat yang akan mengajukan permohonan SIM dan SKCK bisa dilakukan pada hari sebelumnya, atau pada hari Senin tanggal 5 Juni,” ujarnya.

Jeffry mengimbau, khusus bagi pemilik SIM yang masa berlakunya hampir habis untuk segera melakukan perpanjangan. Ia meminta masyarakat untuk mengecek tanggal kadaluwarsa SIM dan segera melakukan permohonan perpanangan SIM sebelum libur.

Namun untuk pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada 1-4 Juni tidak bisa segera memperpanjang karena terkendala libur. Kendati demikian, ada kabar gembira bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal tersebut, mereka akan mendapat dispensasi dan melaksanakan perpanjangan SIM pada 5 dan 6 Juni 2023.

BACA JUGA: Polisi Tangkap 3 Pelaku Pengeroyokan di Parangtritis

Harusnya apabila SIM mati, maka pemilik harus melakukan proses penerbitan SIM baru dari awal yakni mengikuti ujian tertulis dan ujian praktik. “Ini kami berikan dispensasi perpanjangan selama dua hari, yakni 5 dan 6 Juni 2023. Kami ingatkan apabila tidak perpanjang SIM di masa dispensasi yang telah ditentukan, maka harus membuat SIM baru,” tegasnya.

Lebih lanjut Jeffry menyatakan meski layanan permohonan SIM dan SKCK libur selama cuti bersama dan libur akhir pekan, namun untuk pelayanan lainnya seperti pelaporan, pengaduan, hingga permohonan pengamanan ataupun pengawalan tetap buka 24 jam, walau pun tanggal merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muhadjir Sebut Jokowi Perintahkan Para Menteri untuk Bangun Rest Area Lebih Banyak

News
| Senin, 06 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement