Advertisement

Wisata Yogyakarta, 3 Pantai di Gunungkidul Ini Punya Tebing yang Cantik

Newswire
Kamis, 01 Juni 2023 - 18:57 WIB
Maya Herawati
Wisata Yogyakarta, 3 Pantai di Gunungkidul Ini Punya Tebing yang Cantik Pantai di Gunungkidul DI Yogyakarta dengan tebing yang indah - ist - pemkab.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya banyak tempat wisata alam menarik. Anda yang suka pantai bisa berwisata ke Gunungkidul. Kabupaten di sebelah tenggara Kota Jogja ini punya seabrek wisata pantai yang tak cukup sehari jika ingin Anda nikmati semua.

BACA JUGA: Menteri Nadiem Makarim Minta ASPD Dihapus karena Membebani Siswa, Ini yang Akan Dilakukan Disdikpora DIY

Advertisement

Pantai di Gunungkidul bahkan tidak hanya berupa hamparan laut dan pasir, ada juga pantai dengan pemandangan tebing yang indah. Berikut ini tiga pantai dengan pemandangan tebing yang tak banyak diketahui wisatawan dari luar kota. Bisa menjadi alternate wisata di Yogyakarta jika Anda berkunjung.

1. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Seperti dikutip dari gunungkidulkab.go.id, Pantai Kesirat terletak di Dusun Karang, Kalurahan Girikarto, Kapanewon (Kecamatan) Panggang. Tipe tebing di pantai ini adalah tebing karang. Tidak ada pasir putih menghampar, tebing karang indah dan deburan ombak lah yang menjadi pesona pantai ini.

Sebuah pohon tunggal yang tumbuh di tepi tebing terlihat mencolok dan menarik perhatian. Hamparan tanah berumput yang cukup luas menambah kesan cantik dan nyaman untuk camping. Anda bisa menyaksikan Matahari terbenam dengan syahdu.

2. Pantai Watunene

Pantai Watunene

Pantai ini tersembunyi di deretan pantai-pantai indah di Kabupaten Gunungkidul. Letaknya di Kalurahan Tepus Kapanewon Tepus Gunungkidul. Lokasinya berjarak sekitar lima kilometer dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang dibangun di wilayah Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus. Untuk menuju tempat ini banyak tantangan yang harus dilalui. Namun Anda bisa naik jip wisata untuk berpetualang yang disediakan pengelola Desa Wisata Kalurahan Tepus atau Dewi Kampus.

Pesona pantai ini aadalah tebing karst tingi yang mengelilinginya. Tebing karst ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Hal ini yang membuat Pantai Watunene seperti surga yang tersembunyi.

3.Pantai Ngedan

Pantai Ngedan

Pantai Ngedan atau biasa juga disebut dengan nama Pantai Ngedan terletak di Desa Krambil Sawit, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai ini memiliki garis pantai yang luas dan berpasir putih, walau pun ombak tergolong tinggi. Jalur masuk ke Pantai Ngedan masih menggunakan jalan setapak, hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda  dan mobil kecil.

Di sebelah barat pantai ini ada tebing atau bukit yang bisa Anda susuri untuk menikmati garis pantai dari atas. Ketika sore menjelang dari spot bukit ini juga bisa untuk menikmati momen indahnya Matahari terbenam.

BACA JUGA: Long Weekend di Jogja, Ada Kotabaru Selain Malioboro Lho

Pantai dengan fasilitas umum yang cukup lengkap ini menjadi pilihan yang cocok untuk Anda menikmati senja saat memilih wisata Yogyakarta sebagai tempat berlibur.

 

     

     

     

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    Sumber : gunungkidulkab.go.id

    Advertisement

    Harian Jogja

    Video Terbaru

    Advertisement

    Harian Jogja

    Berita Terbaru

    Advertisement

    Advertisement

    Harian Jogja

    Advertisement

    Berita Pilihan

    Advertisement

    alt

    Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

    News
    | Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

    Advertisement

    alt

    Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

    Wisata
    | Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

    Advertisement

    Advertisement

    Advertisement