Advertisement

Waspada! Sejumlah Jalur Wisata di Bantul Rawan Kecelakaan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 02 Juni 2023 - 18:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Waspada! Sejumlah Jalur Wisata di Bantul Rawan Kecelakaan Suasana lalu lintas Jalan Parangtritis, Bantul, Selasa (4/6/2019). - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah jalur wisata di Kabupaten Bantul dinilai rawan kecelakaan. Dinas Perhubungan (Dishub) DIY mengimbau wisatawan tetap waspada saat berkendara.

“Selama ini yang menduduki rangking satu [rawan kecelakaan] di Kabupaten Bantul di Jalan Srandakan, kemudian di Jalan Imogiri, Jalan Parangtritis, dan Dlingo,” kata Plt Dishub DIY Sumariyoto, Jumat (2/5/2023). 

Advertisement

Menurut Sumariyoto untuk Jalan Srandakan meskipun lebar, namun kendaraan melintas dengan kecepatan tinggi, sehingga rawan kecelakaan. Kemudian untuk Jalan Parangtritis dan Jalan Imogiri dinilai cukup padat dilintasi kendaraan.

Sedangkan untuk kawasan Dlingo menurut Sumariyoto kontur jalan tersebut berada di daerah pegunungan sehingga jalannya cukup curam untuk dilalui kendaraan. Meski begitu, menurutnya padatnya ruas jalan tersebut bukan satu-satunya faktor penyebab kecelakaan, namun pengendara yang melintas dengan kecepatan tinggi juga semakin meningkatkan potensi terjadi kecelakaan. 

Baca juga: Mau Wisata Keliling Sumbu Filosofi Jogja Gratis, Begini Caranya..

“Kalau melihat fenomena seperti itu, bukan yang padat yang banyak kecelakaannya, justru yang jalurnya agak sepi tetapi kecepatan tinggi, itu yang mengakibatkan banyak kecelakaan,” katanya. 

Dia pun mengimbau agar wisatawan yang hendak melintasi sejumlah jalan tersebut dapat terus meningkatkan kewaspadaannya dalam berkendara agar tidak sampai terjadi kecelakaan. “Wisatawan yang mengunjungi destinasi di Jogja tolong perhatikan Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ), itu sudah ada di setiap simpang menuju ke destinasi, jangan mencari alternatif lain yang belum direkomendasi, tetap patuhi peraturan lalu lintas dan petugas di lapangan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement