Advertisement

Libur Panjang, Puluhan Ribu Wisatawan Berkunjung ke Gunungkidul

David Kurniawan
Senin, 05 Juni 2023 - 13:47 WIB
Jumali
Libur Panjang, Puluhan Ribu Wisatawan Berkunjung ke Gunungkidul Peragaan busana bertajuk Gunungkidul Batik Fashion Beach yang diselenggarakan di Pantai Sepanjang di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Sabtu (3/6/2023) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata Gunungkidul memastikan target kunjungan selama long weekend terlampaui. Total pengunjung selama empat hari libur mencapai 66.752 orang.

BACA JUGA: Long Weekend Kali ini, Pemkab Gunungkidul ingin Dapat PAD Rp407 Juta

Advertisement

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, ada lonjakan signifikan kunjungan wisata selama liburan mulai Kamis (1/6/2023) hingga Minggu (4/6/2023) di sejumlah destinasi wisata. Hal ini terlihat dari perhitungan jumlah tiket masuk pariwisata yang melampaui target.

Menurut dia, libur panjang ini hanya mematok target kunjungan sebanyak 54.438 orang. Namun, hingga libur berakhir total pengunjung yang datang mencapai 66.572 orang.

“Kunjungan terbanyak terjadi pada Minggu [4/6/2023] ada sebanyak 18.979 orang. Kalau dirata-rata ada kunjungan sekitar 16.000-an orang per harinya selama libur berlangsung,” katanya kepada wartawan, Senin (5/6/2023).

Hary menjelaskan, dengan adanya tambahan ini juga berdampak terhadap capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi masuk kawasan wisata. Selama libur panjang ini pendapatan yang masuk sebesar Rp500.016.300

“Targetnya hanya Rp407.730.700, tapi karena jumlah pengunjungnya lebih banyak, maka pendapatan yang masuk juga ikut meningkat,” kata Hary.

Hary mengungkapkan, dengan terlampauinya target kunjungan wisata ini semakin menunjukan kondisi pariwisata di Gunungkidul terus mengalami perbaikan setelah terkena dampak dari pandemi.

“Memang belum seperti saat sebelum pandemi, tapi pemulihan terus berlangsung,” katanya.

Ia berharap pariwisata di Gunungkidul terus berkembang. Hal ini sejalan dengan program dari pemerintah nasional tentang infrastruktur bisa mendukung pengembangan yang lebih baik lagi.

“JJLS hampir jadi dan terbukti bisa mengurai kelancaran arus lalu lintas selama Lebaran. Tidak lama lagi juga ada exit tol di Prambanan yang bisa langsung terkoneksi ke Gunungkidul sehingga kemudahan akses ini bisa menjadi pendorong yang baik untuk pariwisata,” katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno pada saat melakukan kunjungan pada Minggu (4/6/2023) sore memuji perkembangan pariwisata di Gunungkidul. Menurut dia, destinasi wisata yang ada memiliki daya tarik yang tinggi.

“Yang tak kalah penting adalah akses yang mudah dijangkau karena sudah terkoneksi dengan berbagai moda transportasi. Selain itu, untuk kondisi infrastruktur juga memadai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 38 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement