Advertisement

Long Weekend Kali Ini, Pemkab Gunungkidul Ingin Dapat PAD Rp407 Juta

David Kurniawan
Selasa, 30 Mei 2023 - 22:57 WIB
Maya Herawati
Long Weekend Kali Ini, Pemkab Gunungkidul Ingin Dapat PAD Rp407 Juta Suasana di kawasan Embung Batara Sriten di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar. Foto diambil belum lama ini./Istimewa - Dinas Pariwisata Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata Gunungkidul menargetkan kunjungan wisata selama libur long weekend sebanyak 54.438 orang. Diharapkan peningkatan kunjungan ini dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp407 juta.

“Kami sudah lakukan koordinasi lintas sektor untuk menyambut libur Hari Pancasila dan perayaan waisak,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwasata Gunungkidul, Hary Sukmono, Selasa (30/5/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, adanya peningkatan ini maka membutuhkan bantuan pengamanan. Secara total berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas sektor akan diterjunkan personel sebanyak 75 orang.

“Jumlah ini gabungan dari TNI-Polri hingga petugas dari lingkungan Pemkab Gunungkidul,” katanya.

Menurut Hary, jumlah personel yang diterjunkan masih bisa bertambah dikarenakan ada personel Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 1 dan 2 yang dikerahkan untuk pengawasan di kawasan pantai. “Upaya koordinasi terus dilakukan dan mudah-mudahan semua berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Disinggung mengenai prediksi di kawasan pesisir selatan, Hary mengakui akan berkoordinasi dengan petugas SAR yang berjaga. “Tentu juga menjadi perhatian bersama. Tapi, harapannya tidak ada masalah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini.

BACA JUGA: Penyelidikan Penyalahgunaan Tanah Kas Desa, Satpol PP: Pihak Kalurahan Ada yang Tidak Kooperatif

Menurut dia, untuk akses wisata, khususnya di kawasan pantai tidak ada masalah. Keberadaan Jalur Jalan Lintas Selatan dinilai mampu mengurai kepadatan arus kendaraan milik pengunjung.

Hal ini sudah terbukti pada saat pelaksanaan libur Lebaran di akhir Mei lalu berjalan dengan lancar sehingga tidak ada penumpukan. “Dibukanya JJLS sangat membantu akses wisatawan menuju atau pulang dari destinasi wisata pantai,” katanya.

Hary pun optimistis target kunjungan selama libur kali ini bisa tercapai. “Tren wisata terus membaik dan kami yakin target kunjungan bisa terpenuhi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement