Advertisement

Sultan HB X: Proyek Infrastruktur di DIY Menyokong Wisata Joglosemar

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 06 Juni 2023 - 08:17 WIB
Maya Herawati
Sultan HB X: Proyek Infrastruktur di DIY Menyokong Wisata Joglosemar Pengerjaan konstruksi tol Jogja-Bawen, Selasa (9/5 - 2023). Perkembangan infrastruktur yang masif di DIY dapat mendukung perkembangan pariwisata di Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar). / Istimewa/Humas JJB.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Perkembangan infrastruktur yang masif di DIY dapat mendukung perkembangan pariwisata di Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan perkembangan pariwisata di wilayah Joglosemar akan berdampak terhadap wilayah lainnya. Sultan menilai adanya kereta rel listrik (KRL) Jogja-Solo mendukung perkembangan pariwisata di Solo dan berdampak pula bagi perkembangan pariwisata di Jogja.

Advertisement

Menurut Sultan, pariwisata tidak mengenal batas wilayah, sehingga perkembangan pariwisata di suatu daerah dapat berdampak pula ke daerah sekitarnya. “Pariwisata kan tidak mengenal batas wilayah. Objeknya makin banyak ya otomatis lebih bagus. Jadi wisatawan datang itu Jogja, Solo, Jateng juga ikut berkembang,” katanya, Senin (5/6/2023).

Selain itu, menurut Sultan adanya Tol Jogja-Solo (Joglo) dan Jogja-Bawen (Joba) diharapkan dapat mendukung perkembangan pariwisata di seputar Joglosemar. “Harapan saya dengan adanya tol, Dieng juga ikut berkembang tidak hanya Borobudur,” katanya.

BACA JUGA: Sidang Pra Pradilan Robinson Saalino Dimulai, Kejati DIY Mendaftarkan Perkara Tanah Kas Desa

Ia menyampaikan misalnya perkembangan pariwisata di Borobudur yang ada di Jawa Tengah, akan berdampak pada wilayah sekitarnya. Sehingga, menurut Sultan perlu ada upaya untuk saling mendukung perkembangan pariwisata antar daerah. “Jadi kita berorientasi program pemerintah untuk Borobudur, bukan hanya untuk Borobudur, tapi Joglosemar juga tumbuh,” katanya.

Menurut Sultan, potensi wisata alam yang ada di Joglosemar menjadi daya tarik wisatawan. Meski begitu, menurut Sultan wisatawan biasanya akan bosan apabila berkunjung pada satu objek wisata dalam beberapa kali, sehingga untuk dapat terus menarik wisatawan, sektor pariwisata harus dapat menghadirkan pelayanan yang memberikan kenyamanan bagi wisatawan. “Yang penting bagaimana pelayanan bisa dilakukan dengan baik, biar enggak kecewa. Harapannya dengan tidak kecewa kembali lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement