Advertisement

Bagian dari JJLS, Jembatan Pandansimo Dibangun Tahan Gempa, Begini Penjelasannya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 06 Juni 2023 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Bagian dari JJLS, Jembatan Pandansimo Dibangun Tahan Gempa, Begini Penjelasannya Jembatan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pembangunan proyek Jembatan Srandakan 3 atau Jembatan Pandansimo dikebut. Jembatan ini bakal dibangun tahan gempa dengan empat lajur jalan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Provinsi DIY, Julian Situmorang, menjelaskan Jembatan Pandansimo dirancang dapat tahan terhadap gempa bumi. Risiko gempa di DIY menjadi pertimbangan dalam penyusunan rencana pembuatan jembatan tersebut. “Tahan gempa itu pasti,” katanya, Senin (5/6/2023).

Advertisement

Julian menjelaskan jembatan Pandansimo akan dibangun dengan panjang 1,9 km. Jembatan rencananya akan menggunakan dua struktur yakni slab on pile dan corrugated steel structure (struktur baja bergelombang). Dengan struktur tersebut, Jembatan Pandansimo dirancang tahan terhadap gempa.

BACA JUGA: Tes Digital Forensik Ponsel Mafia Tanah Kas Desa Rampung, Begini Penjelassan Kejati DIY

Soal jalur, Jembatan Pandansimo dirancang menghadirkan empat jalur dua arah. Setiap jalur lintasnya dibangun dengan lebar 3,5 meter. Di sisi kanan kiri dari setiap arah akan ada pula jalur pedestrian atau pejalan kaki. “Jembatan Pandansimo diperkirakan dapat menahan beban as kendaraan hingga 8,16 ton,” kata Julian.

Percepatan Pengerjaan

Sedangkan soal percepatan pengerjaan dilakukan agar proyek tersebut bisa kelar sebelum pergantian Presiden Republik Indonesia pada 2024 mendatang. Julian menyampaikan dalam waktu dekat proyek Jembatan Pandansimo segera dilelang. Saat ini, menurutnya, proyek tersebut masih dalam tahap persiapan lelang.

Kalau misalnya akhir Juni kami mulai, mungkin di Agustus pertengahan sudah bisa [pekerjaan fisik],” katanya.

Ia mengatakan lelang diperkirakan akan dimulai pada akhir Juni dan berlangsung sekitar satu hingga satu setengah bulan. Apabila lelang berjalan sesuai rencana, menurut Julian, pertengahan Agustus 2023 diperkirakan proses lelang akan rampung dan pembangunan fisik Jembatan Pandansimo bisa dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement