Advertisement

Guncangan Jogja Paling Kuat, Ini Wilayah Sebaran Gempa Pacitan Magnitudo 6,0

Sunartono
Kamis, 08 Juni 2023 - 00:57 WIB
Sunartono
Guncangan Jogja Paling Kuat, Ini Wilayah Sebaran Gempa Pacitan Magnitudo 6,0 Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAGempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang DIY dan sekitarnya pada Kamis (8/6/2023) dinihari. Warga pun berhamburan keluar rumah. Guncangan gempa ini terasa di berbagai wilayah.

“#Gempa Magnitudo: 6.0, Kedalaman: 10 km, 08 Jun 2023 00:04:55 WIB, Koordinat: 9.15 LS-110.69 BT (117 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Tidak berpotensi tsunami #BMKG,” tulis akun twitter @info BMKG.

Advertisement

BMKG mencatat skala MMI atau satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Di mana guncangan terasa di sejumlah wilayah di DIY dan Jawa tengah. Wilayah Jogja tercatat sebagai dengan Skala MMI V artinya guncangannya paling kuat dibandingkan daerah lain yang rata-rata dicatatkan di bawah V. Berdasarkan keterangan BMKG skala V menunjukkan getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, dan sejumlah perkakas bergoyang.

BACA JUGA : Gempa Magnitudo 6,0 di Jogja, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Selanjutnya skala MMI III Semarang, skala MMI III Jepara, skala MMI IV Ponorogo, MMI IV Karangkates, MMI IV Kepanjen, MMI III-IV Nganjuk, MMI III Madiun, MMI III Sukorejo, MMI II Demak dan skala MMI III Banjarnegara.

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG menyarankan agar masyarkaat tetap berhati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Gempa yang berpusat di laut selatan tersebut dirasakan hampir seluruh wilayah DIY serta beberapa di antaranya Jawa Tengah. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, warga di wilayah Banguntapan, Bantul banyak yang terbangun dan berlarian keluar rumah saat gempa mengguncang.

“Terasa keras sekali guncangannya, sempat panik,” ujar Andy salah satu warga yang turut berlari keluar rumah.

Hanya dalam waktu 15 menit usai gempa, peristiwa ini pun memuncaki trending topic di twitter dengan jumlah twit di atas 10.000 kali. Rata-rata warganet menyampaikan informasi gempa di wilayah masing-masing. Tidak hanya di DIY dan Jawa Tengah namun juga terasa hingga Jawa Timur.

BACA JUGA : Tengah Malam, Guncangan Gempa di Pacitan Dirasakan di Jogja

“Semarang tengah kerasa bangett, takut mau tidor,” tulis akun @Asih_Wulan

“Jember keroso bnggt luurr,” tulis akun @Andika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement