Advertisement

Jelang Iduladha, Stok Domba di DIY Masih Minus

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 08 Juni 2023 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Jelang Iduladha, Stok Domba di DIY Masih Minus Ilustrasi domba. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY Sugeng Purwanto menyampaikan ketersediaan sapi dan kambing untuk Iduladha 2023 telah terpenuhi. Sementara, untuk domba, stoknya masih kekurangan. 

"Untuk ketersediaan domba sementara masih minus, sedangkan untuk sapi dan kambing sudah,” katanya, Kamis (8/6/2023). 

Advertisement

Dari catatan DPKP DIY untuk Idul Adha 2023 diperlukan 25.979 ekor sapi, 23.099 ekor sapi, dan 26.966 ekor domba. “Data sementara ketersediaan sapi 26.067 ekor, kambing 27.022 ekor, dan domba 19.019 ekor,” imbuhnya. 

Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, Sugeng menyampaikan pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah daerah yang dapat memenuhi kebutuhan hewan kurban tersebut.

BACA JUGA: Hari Raya Iduladha 2023? Ini Jadwalnya versi Pemerintah dan Muhammadiyah

Selama ini menurut Sugeng, hewan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memasok kebutuhan hewan kurban di DIY. Dia pun belum dapat memastikan berapa jumlah hewan kurban yang akan dipasok dari daerah tersebut.  

“Pastinya kalau mengandalkan DIY sendiri masih kurang, jadi kami masih mengandalkan dari daerah lain cuma jumlahnya belum tau,” katanya. 

Sementara untuk memastikan kesehatan hewan kurban, Sugeng menyampaikan penjualan hewan kurban di DIY harus menggunakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Setelah ada setelah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Skin Disease (LSD) persyaratan dengan lalu lintas hewan dijalankan sebagaimana seharusnya, jadi hewan dari luar tetap ada kontrol terkait kartu sehat dan lain-lain,” katanya. 

Dia pun memastikan hingga saat ini hewan kurban yang tersedia aman terbebas dari Lumpy Skin Disease (LSD) dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). “Perkembangan terakhir masih sangat aman, jadi untuk sementara tidak khawatir dengan penyakit yang ada,” katanya. 

Kemudian, menurut Sugeng pihaknya bersama dengan UGM juga akan memeriksa kesehatan terhadap hewan kurban secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement