Advertisement

Sri Mulyani Kenang Sri Adiningsih: Pedih Kehilangan Sahabat Baik

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 18 Juni 2023 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sri Mulyani Kenang Sri Adiningsih: Pedih Kehilangan Sahabat Baik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) bersama mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), almarhumah Sri Adiningsih - Instagram @smindrawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku pedih kehilangan sosok sahabatnya, Sri Adiningsih. Sri Adiningsih atau yang akrab disapa Nining adalah mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang meninggal dunia pada 17 Juni 2023.

Nining dan Sri Mulyani bersahabat sejak zaman kuliah. Nining di Universitas Gadjah Mada (UGM) sementara Sri Mulyani di Universitas Indonesia (UI). Kisah singkat perjalanan keduanya dituliskannya dalam Instagram Sri Mulyani @smindrawati. 

Advertisement

"Duka cita mendalam dan rasa pedih kehilangan seorang sahabat baik saya, Prof DR Sri Adiningsih MSc yang telang berpulang ke haribaan Sang Pencipta," tulis Sri Mulyani dikutip harianjogja.com, Minggu (18/6/2023) siang.

"Nining (sapaan akrab Bu Sri Adiningsih) adalah sahabat sejak kami mahasiswa tahun 1980an. Nining dari FE -UGM dan saya dari FEUI- kami berjumpa dalam berbagai kegiatan mahasiswa masa itu seperti lomba debat mahasiswa," lanjut Menkeu.

Baca juga: Jembatan Kaca Terpanjang di Jateng Dibuka Juli Mendatang

Keduanya kemudian sama-sama meneruskan sekolah di University of Illinois Urbana. "Kami bersama-sama meneruskan sekolah Master dan PhD Economics di University of Illinois Urbana -Champaign Amerika Serikat. Kami pernah bersama dalam beberapa kuliah. Nining adalah teman yang menjemput kedatangan saya pertama kali di AirPort Urbana," tutur Sri Mulyani.

Keduanya juga aktif dalam berbagai kegiatan advokasi publik sekembalinya ke Indonesia."Kami aktif dalam berbagai kegiatan advokasi publik pada saat krisis ekonomi dan perbankan melanda Indonesia dan bersama aktif membangun dan mengisi periode awal Reformasi Indonesia - termasuk tim perumus amandemen UUD menyangkut pasal 33 tentang ekonomi," tulisnya.

Menurut Sri Mulyani, banyak sumbangsih yang sudah diberikan Nining untuk Indonesia. "Banyak sumbangan baik yang telah engkau curahkan untuk membangun Indonesia sahabatku. Indonesia berterimakasih padamu. Terimakasih atas pertemanan yang hangat dan penuh kasih. Beristirahatlah dengan tenang dan damai di sisi Sang Pencipta. Semua berasal dari Sang Khalik dan semua akan kembali kepadaNya. Jakarta, 17 Juni 2023," tutup Sri Mulyani. 

Dimakamkan di Gunung Sempu

Dilansir dari Antara, Prof. Dr. Sri Adningsih tutup usia di umur 62 tahun pada Sabtu (17/6/2023), pukul 18.37 WIB. Berita duka itu dikabarkan melalui pesan aplikasi dari pihak keluarga.

Pesan tersebut juga menyampaikan pemakaman akan dilaksanakan pada Minggu (18/6/2023) dan berangkat dari rumah duka pukul 13.00 WIB di PUKJ Yogyakarta Jalan IKIP PGRI I Sonosewu, Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Keluarga mengabarkan, Guru besar ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut akan dimakamkan di pemakaman Gunung Sempu Hills Memorial Park atau Sambungan Bangunjiwo Kasihan, Bantul, DIY.

Sri Adiningsih lahir di Surakarta 11 Desember 1960. Ia menjadi dosen Pascasarjana UGM setelah mendapat gelar doktor dan mengemban jabatan sebagai Kepala Pusat Studi Ekonomi Asia-Pasifik UGM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram, Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Lowongan Menjadi Abdi Negara di 2023

Lowongan Menjadi Abdi Negara di 2023

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

28 Perusahaan Segera Mengantre di Bursa, Mayoritas Sektor Konsumer Nonsiklikal

News
| Sabtu, 23 September 2023, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Destinasi Unik, Kuil Buddha Ini Dibangun dengan Jutaan Botol Bir

Wisata
| Sabtu, 23 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement