Advertisement

Syukurlah Palilah Kraton Sudah Keluar, Pembangunan Tol Jogja-Bawen Siap Dikebut

Catur Dwi Janati
Rabu, 21 Juni 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Syukurlah Palilah Kraton Sudah Keluar, Pembangunan Tol Jogja-Bawen Siap Dikebut Pembangunan jembatan elevated Tol Jogja Bawen di Selokan Mataram di sekitar Desa Margokaton, Seyegan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan tol Jogja-Bawen di atas tanah karakteristik yaitu tanah Kasultanan atau Sultan Gron sudah bisa dilakukan. Palilah atau izin dari Kraton Jogja sudah keluar. Hal ini diutarakan Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, saat mengunjungi Sleman, Rabu (21/6/2023). 

"Bisa , namanya palilah [izin penggunaan tanah Kasultanan dari Kraton Jogja] toh, itu sudah, sudah ada. Kalau persentasenya [progress pembangunan] saya enggak update, belum updating tapi yang tol Jogja-Bawen saya kira jalan. Karena palilah itu sudah bisa, sudah keluar dan sudah bisa dikerjakan," katanya.

Advertisement

Kendati demikian Basuki belum mengetahui secara mendetail aturan-aturan selanjutnya yang nantinya akan diterapkan pada pemanfaatan tanah karakteristik khusus ini khususnya untuk lahan tol Jogja-Bawen. 

BACA JUGA: Royal Dinner bersama Kaisar Jepang Naruhito, Sultan HB X Berpakaian Motif Cerah, Ini Detailnya

"Kalau menurut yang saya baca, kan tidak bisa diganti rugi. Beliau tidak mengizinkan untuk diganti rugi, jadi dipakai aja. Kelihatannya iya, mungkin aturan-aturan selanjutnya detailnya saya belum tahu. [Sharing profit] mungkin nanti," ungkapnya.

Sementara untuk progres pembangunan tol Jogja-Solo, Basuki menuturkan proses pembangunannya terus berlangsung hingga kini. Pada 2024 nanti ditargetkan tol telah sampai di Purwomartani. "Kalau [tol] Jogja-Solo kan sampai 2024 sudah sampai Purwomartani. Jogja-Solo sudah mulai nanti 2024 selesai sampai Purwomartani," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Korupsi Taspen, KPK Panggil Pimpinan Perusahaan KB Valbury Sekuritas

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement