Advertisement

Wabup Minta Jaga Warga Aktif Menjaga Suasana Kondusif Jelang Pemilu 2024

Abdul Hamied Razak
Kamis, 22 Juni 2023 - 00:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Wabup Minta Jaga Warga Aktif Menjaga Suasana Kondusif Jelang Pemilu 2024 Kegiatan sosialisasi kepemiluan bagi kelompok Jaga Warga di dua kapanewon, Ngemplak dan Ngaglik, Rabu (21/6 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan pemerintah dan masyarakat harus terus bersinergi dalam menjaga kondusifitas di tengah masyarakat, khususnya jelang Pemilu serentak 2024 nanti.

Menurut Danang, jaga warga memiliki peranan penting dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya hak pilih dan kedewasaan dalam berdemokrasi.

Advertisement

BACA JUGA: Minimalkan Potensi Konflik Pemilu 2024, Peran Jaga Warga Wajib Dikuatkan

"Diharapkan Jaga Warga dapat berperan aktif dalam meminimalisir potensi konflik sosial akibat perbedaan aspirasi dalam Pemilu," katanya saat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi kepemiluan bagi kelompok Jaga Warga di dua kapanewon, Ngemplak dan Ngaglik, Rabu (21/6/2023).

Dalam acara tersebut, Danang sekaligus membagikan rompi secara simbolis kepada kelompok Jaga Warga di dua kapanewon tersebut. Selain Danang, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber lainnya, salah satunya Koeswanto dari DPRD DIY.

Senada dengan Wabup, Koeswanto berharap keberadaan jaga warga ini mampu menjaga suasana kondusif di tahun politik. Potensi konflik sosial terkait Pemilu dapat diselesaikan dan diantisipasi di lingkup terkecil dalam masyarakat.

"Karena Jaga Warga ini lingkupnya padukuhan. Di lingkup ini masyarakat saling mengetahui karakter warganya, sehingga diharapkan permasalahan bisa diselesaikan di tingkat terbawah," ujarnya.

Ia juga menegaskan kepada masyarakat untuk menghindari adanya praktek money politic jelang Pemilu nanti. Diharapkan masyarakat lebih selektif dalam memilih para calon pemimpin dan wakil rakyat berdasarkan rekam jejaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement