Advertisement

Baznas Bantul Bagikan Hewan Kurban di Wilayah Kantong Kemiskinan Ekstrem

Hadid Husaini
Kamis, 29 Juni 2023 - 11:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Baznas Bantul Bagikan Hewan Kurban di Wilayah Kantong Kemiskinan Ekstrem Hewan Kurban / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bantul membagikan 90 hewan kurban kepada sejumlah titik kantong kemiskinan ekstrem. 

Kepala Baznas Bantul, Damanhuri menyampaikan wilayah yang mendapatkan prioritas untuk dibagikan hewan kurban adalah dua kampung di Kapanewon Imogiri yakni Selopamioro, Imogiri, dan Wukirsari.

Advertisement

BACA JUGA: Jemaah Haji Terlantar di Armina, Kemenag Minta Tanggung Jawab Mashariq

"Kami membagikan 90 hewan kurban di antaranya di wilayah Imogiri yaitu Wukirsari dan Selopamioro, tepatnya di Dukuh Seronggo," ujarnya selesai mengisi ceramah Sholat Idul Adha di Masjid Agung Manunggal Bantul, Kamis (29/6/2023).

Dia menyampaikan bahwa di lokasi tersebut sudah terdapat balai ternak yang sudah diberikan pembiayaan modal untuk pengembangan oleh warga. 

Sebanyak 90 hewan kurban itu berasal dari total  140 sapi yang dibeli oleh Baznas dari berbagai wilayah di DIY, dan dari luar daerah seperti dari Gresik, Jawa Timur. 

Kendati begitu tidak semua hewan tersebut layak kurban. "Dari 140 hewan qurban yang dibeli Baznas, 90 hewan yang layak dan memenuhi syarat," jelasnya. 

Dia menyebut dari seluruh sapi yang dibeli, kualitas hewan qurban yang layak kurban sebagian besar dicari di daerah DIY daripada luar daerah.

BACA JUGA: Usai Salat Iduladha, Jokowi Diserbu Warga untuk Berfoto

"Perjalanan dari Jawa Timur ke Jogja ada yang kelelahan yang sakit sampai ada yang mati," ucapnya. 

Dia menyampaikan bahwa sisa hewan kurban yang belum layak disembelih akan diberikan kepada peternak untuk kembali dibudidayakan dan dijual kembali sebagai pemberdayaan ekonomi warga. 

Sementara untuk mengatasi adanya penyakit yang ada pada hewan kurban, Baznas telah bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang akan melakukan pemeriksaan sebelum hingga sesudah hewan disembelih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kaesang Tak Sengaja Bertemu Ketum Perindo Hary Tanoe

News
| Rabu, 27 September 2023, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement