Advertisement

Di Dusun Ini, Iduladha Warga Boleh Beda tetapi Penyembelihan Kurban Tetap Berbarengan

Hadid Husaini
Kamis, 29 Juni 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Di Dusun Ini, Iduladha Warga Boleh Beda tetapi Penyembelihan Kurban Tetap Berbarengan Momen warga Kampung Bogoran Trirenggo Bantul kompak melaksanakan Qurban bersama, Kamis (29/6/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Meski menggelar Salat Iduladha tak bersamaan, ada yang Rabu (28/6/2023) dan juga ada yang Kamis (29/6/2023), tetapi warga Bogoran, Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul tetap kompak melakukan penyembelihan hewan kurban di satu waktu. Penyembelihan itu dilakukan di Masjid Baiturrahim, Bogoran, Kamis.

Takmir Masjid Baiturrahim, Sumaryoto menyampaikan bahwa faktanya memang terjadi perbedaan dalam melaksanakan Salat Iduladha tahun ini. Hal tersebut lantaran Muhammadiyah lebih dahulu memulai Iduladha pada Rabu, sedangkan sebagian masyarakat yang memulai pada hari ini, Kamis. "Di sini perbandingannya 50:50, ada yang kemarin [Rabu], dan ada yang hari ini. Tetapi saya salut, kebersamaannya di sini sangat tinggi," ujar dia, Kamis. 

Advertisement

BACA JUGA: Bagi-Bagi Hewan Kurban, Prabowo Sasar Pondok Pesantren di DIY

Saat penyembelihan hewan kurban di Masjid Baiturrahim, warga saling bahu membahu, mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa. "Alhamdulillah kerja baktinya masih bagus. Semua dilibatkan, anak kecil sampai orang besar biar, sangat kompak," katanya. 

Meski begitu, Sumaryoto meminta generasi yang sudah memiliki bekal keterampilan menyembelih agar bisa ditularkan kepada para remaja yang ke depan menjadi generasi penerus. "Yang remaja kami bina. Caranya kami mengajak tenaga kami yang sekiranya punya skill untuk kemudian bisa mengajarkan cara menyembelih hewan. Khususnya kambing dulu," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, masjid Baiturrahim menyembelih sebanyak enam sapi dan delapan kambing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement