Advertisement

Hadir Lagi, Dampak Positif Ekonomi ArtJog Tembus Rp5 Triliun

Media Digital
Jum'at, 30 Juni 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Hadir Lagi, Dampak Positif Ekonomi ArtJog Tembus Rp5 Triliun Pembukaan ArtJog yang ditandai dengan pemukulan gamelan di Jogja National Museum, Jumat (30/6/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gelaran seni tahunan ArtJog resmi dibuka di Jogja National Museum, Jumat (30/6/2023). Pameran seni rupa yang digadang-gadang sebagai terbesar dan dianggap menjadi momen Lebaran Seni Rupa di Indonesia ini dapat dikunjungi hingga 27 Agustus mendatang.

CEO ArtJog, Heri Pemad dalam sambutannya menjelaskan ada 73 seniman yang berpartisipasi pada gelaran tersebut. “Sebagai Lebarannya seni rupa Indonesia, ArtJog terus berupaya menampilkan karya-karya baru dari seniman yang berpartisipasi, tahun ini ada banyak seniman baru yang tampil,” katanya.

Advertisement

Heri menyebutkan dampak positif penyelenggaraan ArtJog dalam sektor ekonomi adalah perputaran uang sebanyak Rp5 tirliun di Jogja. “Perhitungan perputaran uang itu dari penjualan tiket, kedatangan pengunjung dari luar daerah, akomodasi pengunjung, makan dan minum, hingga lain-lainnya, termasuk transaksi jual beli karya seni rupanya,” jelasnya.

BACA JUGA: ARTJOG 2023, Ada Layanan Pendampingan untuk Difabel

Dampak positif ArtJog tak hanya melulu soal ekonomi, jelas Heri, ada dampak positif lain terutama pendidikan. “Kami rutin mengundang siswa-siswa sekolah untuk hadir ke pameran agar bisa jadi bahan pembelajaran mereka juga,” ujarnya.

Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid yang turut membuka ArtJog menjelaskan pameran seni rupa tersebut dapat jadi wahana pendidikan kritis.

“Tadi disampaikan dampak ekonominya, saya kira dampak sosialnya juga luar biasa, misalnya jadi wahana pemikiran kritis bagi siswa-siswa sekolah yang mengunjungi,” ucapnya.

Hilmar mengapresiasi konsistensi ArtJog yang rutin tiap tahun menghadirkan karya-karya seni kontemporer yang menampung berbagai gagasan kebudayaan.

“Saya kira inisiatif ArtJog harus didukung pemerintah, secara langsung saya akan membagikan seribu tiket gratis untuk siswa-siswa di Jogja agar bisa melihat, berdiskusi, dan memahami berbagai karya yang ditampilkan,” katanya.

Sebelum membuka secara resmi, Hilmar juga sudah melihat hasil karya yang ditampilkan. “Banyak karya yang menampilkan hal baru, ada daya inovasi seniman yang kental ditampilkan ini perlu dinikmati publik lebih luas lagi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Kutuk Israel Usai Bakar Markas UNRWA di Yerusalem

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement