Advertisement

PLN Jamin Pasokan Listrik Andal saat Presiden dan Ibu Negara Rayakan Iduladha di Jogja

Media Digital
Jum'at, 30 Juni 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
PLN Jamin Pasokan Listrik Andal saat Presiden dan Ibu Negara Rayakan Iduladha di Jogja Back up listrik PLN. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara rayakan Iduladha di Jogja, sekaligus menyapa warga setelah menunaikan Salat Iduladha di Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta. Dalam momentum spesial tersebut, PT PLN (Persero) mempersembahkan pasokan listrik tanpa kedip dengan peralatan tercanggih. 

Momentum perayaan Iduladha oleh Presiden di Jogja kali ini tergolong spesial. Hal ini disebabkan Iduladha kali ini merupakan Iduladha terakhir dalam masa jabatan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia.

Advertisement

Agar momentum spesial ini semakin bermakna, PLN persembahkan pasokan listrik andal, aman dan tanpa kedip. Seluruh rangkaian acara berlangsung lancar. Presiden beserta Ibu Negara sukses menyapa langsung warga Jogja yang turut melaksanakan Salat Iduladha di lapangan kompleks Istana Gedung Agung Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut PLN menerjunkan personel khusus dengan peralatan canggih dengan backup supply listrik tiga lapis yaitu pasokan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM), Uninterruptible Power Supply (UPS) 2X80 kVA untuk Gedung Utama Istana Gedung Agung, 60 kVA untuk lapangan tempat dilaksanakannya Sholat Ied, dan 3x6 kVA  yang ditempatkan di titik Masjid Istana Kepresidenan.

Selain itu, PLN juga menyiagakan Genset Mobile untuk backup kelistrikan sebesar 1 x 500 kVA di Gedung Agung, dan 1 x 1.500 kVA di Bandara lokasi kedatangan.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Adi Dwi Laksono menyampaikan bahwa sesuai Standard Operational Prosedure (SOP) Pelayanan VVIP, kelistrikan di-backup sebanyak tiga lapis.

"Dengan backup berlapis tersebut diharapkan suplai listrik yang kami berikan akan sangat lancar dan bahkan tanpa kedip. Hal ini tidak hanya kami lakukan untuk VVIP/VIP tingkat nasional namun juga dalam penyambutan tamu negara dan acara lain yang membutuhkan keandalan pasokan listrik yang prima," terang Adi.

Beberapa acara lain yang mendapatkan pelayanan VVIP ini seperti kunjungan Kaisar Jepang Naruhito beberapa waktu lalu, rangkaian acara G20 Summit 2022, ASEAN Paragames 2022, dan bahkan konser umum seperti Dream Theatre dan Deep Purple di Surakarta tempo lalu.

"Selain kunjungan Presiden dan Pejabat Negara lain, SOP ini juga kami berlakukan saat acara-acara kunjungan tamu negara, bahkan konser hingga pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 nanti. Untuk kelancaran acara, listrik andal merupakan harga mati," imbuhnya.

Deni Mulyana, Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas effort maksimalnya menjaga pasokan listrik sehingga acara kunjungan kali ini berjalan lancar.

"Listrik merupakan kebutuhan primer yang tidak mungkin boleh disepelekan. Terima kasih PLN karena telah memberikan support maksimal dalam acara kunjungan kali ini, mulai dari penjagaan keandalan, hingga persiapan matang dalam bentuk assessment jaringan kelistrikan sebelum acara," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement