Advertisement

Dampak Kerusakan Gempa Magnitudo 6,4 Bantul, Genteng Rontok hingga Plafon Jebol

David Kurniawan & Sunartono
Jum'at, 30 Juni 2023 - 20:48 WIB
Sunartono
Dampak Kerusakan Gempa Magnitudo 6,4 Bantul, Genteng Rontok hingga Plafon Jebol Kerusakan palfon dan genteng rontok akibat gempa Magnitudo 6,4 yang mengguncang Bantul, Jumat (30/6/2023) malam. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAGempa berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Bantul, Jogja, Jumat (30/6/2023) malam ternyata berdampak sejumlah kerusakan bangunan. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, kerusakan itu terjadi di Gunungkidul.

Di antaranya bangunan Bank BDG yang berlokasi di pusat kota Wonosari tepatnya di depan Sewokoprojo. Karyawan yang sedang lembur pun sempat berhamburan keluar kantor karena guncangan gempa. Akibatnya, genteng rontok dan menimpa plafon kantor BDG hingga jebol.

Advertisement

BACA JUGA : Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Bantul, Begini Kisah-kisah Warga Berlarian

Berdasarkan video yang beredar ada salah satu ruangan Kantor BDG yang palfonnya jebol, genteng hingga menembus jatuh ke lantai. Akibatnya menimbulkan material genteng pecah di beberapa titik. Saat diminta konfirmasi Direktur Bisnis BDG Suci Sulistyowati membenarkan video tersebut terjadi di BDG.

“Alhamdulillah sedoyo selamat [tidak ada korban],” ujarnya Jumat malam.

BMKG merilis gempa terjadi pada pukul 19.57 WIB demgan Lokasi 8.63 LS,110.08 BT atau 86 km barat daya dari Bantul. Gempa yang berpusat di Samudera Hindia atau laut selatan DIY ini memiliki kedalaman 25 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, akibat gempa tersebut warga banyak yang berhamburan keluar rumah. Sebagaimana terjadi di Kawasan Sorowajan Baru, Banguntapan, Bantul. Di beberapa gang di wilayah berbatasan dengan Sleman dan Kota Jogja ini banyak keluar rumah. Mereka sebagian besar merasakan guncangan agak cukup lama dibandingkan gempa-gempa yang terjadi akhir-akhir ini di wilayah DIY.

BACA JUGA : Gempa 6,4 Mag Guncang Bantul Jogja Malam Ini 

“Sedang makan tetapi tiba-tiba terdengar suara dari atas genteng, lalu lari keluar lewat pintu samping,” kata Aulia Najwa, Jumat malam.  

Tidak hanya di gang perumahan, beberapa kendaraan roda dua juga tampa berhenti saat melintas di jalanan.

Selain di wilayah Banguntapan, guncangan keras juga dirasakan warga wilayah Trirenggo, Bantul Kota. Warga juga banyak yang berhamburan keluar rumah. “Baru kerja depan laptop ada lindu langsung lari saya sama anak saya,” ujar Istikomah warga Trirenggo Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang Panas Melanda Asia, Ini Dampaknya di Indonesia Menurut BMKG

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement