Advertisement

Ratusan Atlet Renang Perebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X

Media Digital
Sabtu, 01 Juli 2023 - 21:57 WIB
Sunartono
Ratusan Atlet Renang Perebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X Pembukaan Kejuaraan Renang Pemula Antar Pelajar se-Jawa Bali Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X 2023 di Kolam Renang FIK UNY. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kejuaraan Renang Pemula Antar Pelajar se-Jawa Bali yang merebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X 2023 resmi dihelat pekan ini. Ratusan atlet renang dari penjuru Jawa dan Bali bertarung memperebutkan juara di sejumlah kategori. Ajang ini diharapkan jadi media menghimpun atlet muda berbakat.

Ketua Panitia Piala Raja 2023, Elliya Rohmawati menerangkan dalam kejuaraan kali ini diikuti 646 atlet yang meliputi 368 atlet putra dan 278 atlet putri. Dari jumlah tersebut tercatat ada 357 atlet asal DIY, 158 atlet asal Jawa Tengah, 58 atlet asal Jawa Timur, 38 atlet asal DKI Jakarta, 28 atlet asal Jawa Barat dan tujuh atlet asal Bali. Ratusan atlet akan bertanding di 2914 nomor pertandingan.

Advertisement

"Ini adalah event pertama yang kami laksanakan dalam rangka untuk pembinaan atlet renang lintasan. Alhamdulillah dapat dukungan penuh dari Kraton, dalam hal ini menentukan Piala Raja sebagai piala untuk sekolah terbaik yang nanti akan diberikan pada akhir kompetisi," terangnya pada Sabtu (1/7/2023).

Animo peserta dalam turnamen ini disebut Elliya sangatlah tinggi. Digelar pada 1-2 Juli yang bertepatan pada masa liburan, turnamen ini diharapkan dapat mendukung sport tourism di DIY.

"Kita harapkan tahun depan bisa terselenggara lagi. Jadi memang ini kompetisi yang pertama dan kita mengambil target adalah perenang pemula," ujarnya.

Kompetisi ini diperuntukan bagi peserta yang belum pernah mendapat kejuaraan atau memenangkan perlombaan dalam tingkat nasional. "Kita harapkan dengan adanya kompetisi seperti ini mereka dapat juga merasakan bagaimana berkompetisi dengan lawan yang setara dan memotivasi mereka untuk semakin giat berlatih," tegasnya.

Ketua Umum PRSI Jogkarta, Septi Sri Rejeki  menambahkan bila Piala Raja merupakan ajang pertama yang diselenggarakan oleh PRSI Jogjakarta. Piala Raja menurut Septi menjadi parameter bagi PRSI Jogjakarta untuk penyelenggaraan turnamen-turnamen berikutnya. "Event Piala Raja adalah membina atlet akuatik khususnya pada renang lintasan dan juga untuk meningkatkan sport tourism yang ada di DIY," ungkapnya.

"Dengan event Piala Raja ini kita bisa mencari bibit-bibit unggul dari atlet-atlet khususnya sub cabor renang lintasan. Setelah event Piala Raja ini dari sekolah-sekolah bisa menjadi bibit unggul dari daerahnya masing-masing," ujarnya.

KPH Purbodiningrat, selaku perwakilan Kraton Ngayogyakarta mengapresiasi atas digelarnya Kejuaraan Renang Pemula Antar Pelajar se-Jawa Bali Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X. Menurutnya pemberian Piala Raja ini menjadi salah satu wujud perhatian Kraton Ngayogyakarta kepada para atlet renang di DIY.

"Harapan kami dengan Piala Raja ini yang nantinya akan diperebutkan akan menjadikan motivasi bagi para atlet yang telah hari. Kami yakin dengan kejuaraan-kejuaraan seperti ini lah nantinya akan muncul atlet-atlet berbakat yang nantinya bisa berprestasi di tingkat nasional maupun di tingkat internasional," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement