Advertisement

Mahasiswa AKN Seni Budaya Pentaskan Kesenian di Bali

Ujang Hasanudin
Selasa, 04 Juli 2023 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mahasiswa AKN Seni Budaya Pentaskan Kesenian di Bali Kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta akan mementaskan kesenian dan pertunjukan proses tatah sungging wayang kulit khas DIY di Taman Budaya Bali yang dimulai pada 7 Juli mendatang. Mereka akan ikut andil dalam ajang Pekan Kesenian Bali (PKB) ke-45 di Denpasar, Bali.

Direktur AKN Seni dan Budaya Yogjakarta, Supadma mengatakan sebanyak 64 mahasiswa yang akan diberangkatkan dan ikut andil dalam PKB ke-45 di Denpasar Bali terdiri dari semua program studi (prodi) dari kampusnya, baik dari Prodi Seni Kriya dengan penampilan demo pembuatan wayang kulit tatah sungging, Prodi Tari dengan pementasan tari tradisional, serta Prodi Seni Karawitan dengan penampilan pentas karawitan.

Advertisement

Kegiatan tersebut diakuinya merupakan puncak dari kegiatan perkuliahan yang dilakukan oleh mahasiswa selama dua semester setelah sebelumnya diadakan PKL di Bantul dan Kulonprogo. Pihaknya bersama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali menyepakati MoU kerja sama untuk mendukung dan mensukseskan PKB ke-45 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

“Pada momentum ini AKN Seni dan Budaya Yogyakarta menjadikannya sebagai laporan karya akhir studi,” katanya di Kamus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta di Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul, Senin (3/7/2023).

Baca juga: ORI DIY Datangi SMKN 3 Jogja soal Dugaan Jual Beli Seragam, Begini Hasilnya

Adapun nota kesepahaman ditandatangani pada 19 Juni 2023 oleh Dekan Fakultas Seni Pertunjukan yang didamping oleh Wakil Rektor III ISI Denpasar dan Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta yang didampingi oleh Kepala Sub Baguan (Kasubag) Tata Usaha AKN Seni dan Budaya Yogyakarta.

“Ruang lingkup MOU tersebut meliputi kerja sama dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia AKN Seni dan Budaya Yogyakarta dengan melibatkan dosen Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar sebagai penata rupa, panggung konser karawitan, pagelaran tari dan stage manager,” ujarnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU) AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Rais Faisal Akhyar menambahkan, rombongan mahasiswa kampus milik Pemda DIY tersebut dijadwalkan akan berangkat ke Bali pada 4 Juli mendatang.

Agenda pertama mahasiswa pada Kamis 6 Juli adalah mengunjungi desa Penglipuran kemudian dilanjutkan dengan persiapan pameran dan pementasan. “Agenda utama pada Jumat 7 Juli adalah pameran wayang kulit dan demo tatah sungging wayang kulit, serta pementasan tari dan karawitan yang dimulai dari pukul 08.00 hingga selesai. Kegiatan pada hari berikutnya adalah mengunjungi Sukowati dan akan berakhir pada Sabtu sore, 8 Juli,” kata Rais. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement