Advertisement

TNI Polri Bersama PLN Bedah Rumah Warga Korban Gempa Bantul

Ujang Hasanudin
Selasa, 04 Juli 2023 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
TNI Polri Bersama PLN Bedah Rumah Warga Korban Gempa Bantul Ilustrasi bedah rumah - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah anggota TNI dan Polri bersama Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Yogyakarta melakukan bedah rumah di rumah warga yang terdampak gempa bumi Bantul.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan melalui Kasi Humas Iptu I Nengah Prana Widnyana menyampaikan bahwa kegiatan kerja bakti pembangunan rumah ini dilakukan untuk membantu warga terdampak gempa.

Advertisement

“Kami sampaikan bahwa kami hari ini, TNI-Polri dan UP3 PLN Yogyakarta melakukan kegiatan kerja bakti sekaligus membantu warga atas nama Sri Surati, salah satu warga yang terdampak dari peristiwa gempa bumi yang terjadi pada hari Jumat kemarin,” katanya, melalui siaran tertulisnya, Senin (3/7/2023)

Sri Surati merupakan warga Dusun Dodogan, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul. Menurut Jeffry, kegiatan tersebut untuk menunjukkan bahwa negara hadir di tengah masyarakatnya. “Kerja bakti ini merupakan bukti kita untuk saling membantu sesama. Setidaknya kita bisa meringankan beban warga yang terdampak gempa,” ungkapnya.

Baca juga: ORI DIY Datangi SMKN 3 Jogja soal Dugaan Jual Beli Seragam, Begini Hasilnya

Dijelaskannya, proses pengerjaan renovasi tahap awal yaitu menurunkan bagian atap rumah oleh warga sekitar dibantu oleh personel Polri dan gabungan TNI. Untuk tahap selanjutnya, yakni pengerjaan kuda-kuda kembali oleh tukang kayu setempat serta pemasangan atap kembali.

Dalam pengerjaan renovasi rumah tersebut, lanjut Jeffry, juga dilakukan penggantian kayu untuk memperkuat kerangka atap mengingat kayu yang lama sudah lapuk dan tidak dapat dipergunakan kembali.

Tak hanya mengirimkan personelnya, Polres Bantul juga memberikan bantuan kepada Ibu Sri Surati berupa uang tunai. Kegiatan kerja bakti juga dilaksanakan di lokasi lainnya, yakni di rumah Bapak Sabar di Padukuhan Kalangan RT 04 Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek Bantul. Di lokasi, personel gabungan TNI-Polri dan PLN melakukan kerja bakti merenovasi rumah Bapak Sabar yang rusak akibat gempa.

Sementara pemilik rumah, Sri Surati, menyampaikan ucapan terima kasih sedalam-dalamnya kepada pihak yang telah membantu memperbaiki rumahnya. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memperbaiki rumah kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement