Advertisement

Digelar Lagi, Tour de Merapi Diikuti 300 Pemotor

Media Digital
Selasa, 04 Juli 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Digelar Lagi, Tour de Merapi Diikuti 300 Pemotor Sejumlah pemotor mengikuti Tour de Merapi 2022. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Agenda touring sepeda motor internasional, Tour de Merapi akan kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 23 Juli 2023 mendatang.

Di event ini, sebanyak 300 motor bakal menjelajahi sejumlah objek wisata dengan suguhan ciri khas masing-masing.

Advertisement

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Kus Endarto menjelaskan Tour de Merapi merupakan agenda touring sepeda motor dengan target utama pesertanya adalah keluarga dan kawula muda. “Untuk berwisata santai mengelilingi Sleman,” ujar dia, Selasa (4/7/2023).

Sebagai event tahunan, Tour de Merapi selalu mengambil tema spesifik yang memengaruhi destinasi wisata mana saja yang didatangi.

Dia mencontohkan pada 2018 diambil tema tentang desa wisata, sehingga destinasi yang didatangi adalah beberapa desa wisata. Kemudian 2019 temanya tentang pasar, maka yang destinasinya adalah beberapa pasar.

“Jadi Tour de Merapi ini tidak hanya tentang destinasi wisata. Kami berkolaborasi dengan tempat-tempat lainnya, ada kaitannya dengan UMKM dan sebagainya. Dengan pengelola desa wisata, yang tentunya sudah siap untuk dikunjungi,” ungkapnya.

Adapun tema Tour de Merapi tahun ini adalah Explore Sleman. Destinasi yang akan didatangi adalah objek wisata baik alam maupun buatan dan juga desa wisata.

BACA JUGA: Kenalkan Potensi Wisata Sleman Barat, Tour de Merapi 2022 Kembali Digelar

Hanya saja, Kus tak menjelaskan detail mana saja destinasi yang akan didatangi. “Agar menjadi kejutan untuk peserta,” kata dia.

Semetara soal pendaftaran, kata Kus, sudah dibuka sejak 13 Juni 2023 dan akan ditutup pada 21 Juli 2023, dengan biaya registrasi Rp200.000 per sepeda motor. “Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui tautan s.id/TDM23 atau langsung datang ke kantor Dispar Sleman, setiap Senin-Jumat di jam kerja,” kata Kus.

Beragam Hadiah

Adapun sejumlah fasilitas yang akan didapatkan peserta yakni jaket, voucer makan, kupon doorprize dan asuransi.

Peserta pun diperbolehkan menggunakan sepeda motor jenis dan merek apa saja. Syaratnya, sepeda motor memiliki kapasitas mesin di bawah 250 CC. Selain itu, pengendaranya juga wajib, memiliki SIM dan STNK serta menggunakan kelengkapan berkendara sesuai standar kepolisian.

Kus menjelaskan, sejumlah doorprize menanti peserta, di antaranya sepeda motor, sepeda, televisi, ponsel, laptop, kipas angin, dispenser, dan lainnya.

“Pengundian doorprize dilakukan dengan mengundi nomor peserta yang telah menyelesaikan semua cap di setiap pos,” katanya.

Para peserta Tour de Merapi akan mengambil start di lapangan Pemda Sleman dan finis di Tebing Breksi.

Dalam perjalanannya, para peserta akan melalui sebanyak lima pos di lima objek wisata. “Nanti akan disajikan sajian khas tradisional setempat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Saat Singapore Airlines Turbulensi, Penumpang Terpental Hingga Bagasi Kabin

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement