Advertisement

Jelang HUT ke 78 RI, Pemkab Sleman Canangkan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 08 Juli 2023 - 19:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelang HUT ke 78 RI, Pemkab Sleman Canangkan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Pemkab Sleman menyelenggarakan gerakan pembagian Bendera Merah Putih 2023 di Lapangan Pemda Sleman, pada Sabtu (8/7 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman menyelenggarakan gerakan pembagian Bendera Merah Putih 2023 di Lapangan Pemda Sleman, pada Sabtu (8/7/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penyerahan Bendera Merah Putih secara simbolis oleh Bupati Sleman yang didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, kepada Panewu dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas). 

Advertisement

BACA JUGA: Wabup Gunungkidul Coba Game Virtual Perjuangan Kemerdekaan: Rasanya Seperti Perang

Kepala Badan Kesbangpol Sleman, Hery Sutopo, menyampaikan bahwa gerakan pembagian Bendera Merah Putih dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. "Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan perihal yang sama," katanya.

Kesbangpol, lanjut Hery, melaksanakan pencanangan gerakan pembagian Bendera Merah Putih bersamaan dalam acara Kirab Budaya dan Pembukaan Pameran Potensi Daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman.

Acara yang berlangsung siang hari itu disertai dengan pameran kerajinan tangan dan makanan nusantara hasil dari UMKM, talkshow terkait penguatan Nasionalisme dan pagelaran seni dan budaya.

“Selain untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia, kami juga mendorong kesadaran berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam mensukseskan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih,” jelas Hery.

BACA JUGA: HUT RI, Ponpes Gesikan Siapkan 1.000 Selawat Tolak Teroris, Separatis dan Koruptor

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mendukung  pencanangan gerakan pembagian Bendera Merah Putih. Melalui kegiatan tersebut, katanya, diharapkan dapat membangkitkan kembali rasa cinta tanah air serta semangat nasionalisme dan patriotisme.

Momentum kemerdekaan RI, lanjut Kustini menjadi langkah awal untuk melakukan introspeksi diri agar terus berubah ke arah yang lebih baik, sehingga mampu tumbuh menjadi karakter dan berkepribadian yang unggul.

“Dengan semangat persatuan dan kesatuan, saya yakin kita akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang mandiri, berdaulat dan berkepribadian,” ucapnya.

Kustini berharap pembagian bendera merah putih ini kembali mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dia mengajak masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih guna menjunjung tinggi makna kemerdekaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buron 2 Tahun, Bandar Sabu Diringkus Petugas

News
| Selasa, 10 September 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement