Advertisement

HUT RI, Ponpes Gesikan Siapkan 1.000 Selawat Tolak Teroris, Separatis dan Koruptor

Nina Atmasari
Minggu, 21 Agustus 2022 - 20:27 WIB
Nina Atmasari
HUT RI, Ponpes Gesikan Siapkan 1.000 Selawat Tolak Teroris, Separatis dan Koruptor Kegiatan Pekan Agustusan di Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan. - Ist/dok

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Keluarga besar Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan bersama elemen warga Gesikan Jaranan Panggungharjo Sewon Bantul menyelenggarakan rangkaian Pekan Agustusan sebagai upaya syukur atas ulang tahun ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Puncak kegiatan adalah 1.000 selawat tolak teroris-separatis-koruptor.

Pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan, Arif Nur Afifah mengungkapkan kebersamaan dalam perayaan ini dalam rangka menjaga persaudaraan dan persatuan serta menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan patriotisme. “Ekspresi syukur tidak hanya bersifat vertikal, kepada Allah SWT tetapi juga horizontal sesama manusia, para leluhur, pemimpin dan pendiri bangsa,” katanya, dalam keterangan tertulis, Minggu (21/8/2022).

Advertisement

Ia mengapresiasi Presiden Joko Widodo dan seluruh warga karena Indonesia memimpin dunia, sebagai presidensi G-20. Dunia dilanda krisis multi dimensi akibat pandemi, maka ikhtiar pemulihan ekonomi inklusif dan berkelanjutan melalui kekuatan ekonomi-politik G20, menjadi tidak ringan.

Baca juga: Sudah 4 Kali Perbaikan, Draf RTRW Gunungkidul Belum Jelas

“Seiring pertumbuhan demokrasi yang terus maju, tantangan pelanggaran hukum, kejahatan teroris, sparatis dan korupsi, ditangani secara professional dan akuntabel. Tak ada kekebalan hukum bagi siapapun,” katanya.

Ia juga mengungkapkan syukur pemerintah memberikan kepercayaan kepada PBNU, bertepatan dengan momentum 100 tahun kelahiran, untuk menyelenggarakan R20 dan konferensi internasional fikih peradaban sebagai kegiatan di samping G20.

“R20 atau Religion of Twenty adalah muktamar internasional agama-agama yang direncanakan akan dihadiri antara lain Sekjen Liga Muslim Dunia Syeikh Muhammad Al-Issa, Tahta Suci Vatikan Sri Paus Fransiskus dan Grand Syeikh Al-Azhar Syeikh Ahmad Thayyeb serta berbagai pemimpin agama dunia yang lain. R20 diorientasikan agar agama-agama terus berkontribusi dalam mencari solusi kemanusiaan dan peradaban, tidak menjadi bagian persoalan,” katanya.

Oleh karena itu Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan mengajak untuk terus berdoa, memohon agar langkah perdamaian Rusia-Ukraina, agenda G20 dan R20 dimudahkan. Puncak rangkaian peringatan HUT RI di Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan akan diakhiri dengan penyerahan hadiah perlombaan, doa untuk bangsa, dan 1.000 selawat tolak teroris-separatis-koruptor pada 26 Agustus 2022. Sebelumnya, sejumlah kegiatan dalam Pekan Agustusan meliputi upacara bendera, malam tirakatan, peragaan busana, mewarnai, badminton, voli, menangkap belut, memasak nasi goreng dan pecah air.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement