Advertisement

Rayakan Hari Ulang Tahun Koperasi,Disperinkop UKM Jogja Kolaborasikan Koperasi dengan Wawasan Kebangsaan

Media Digital
Selasa, 18 Juli 2023 - 17:22 WIB
Triyo Handoko
Rayakan Hari Ulang Tahun Koperasi,Disperinkop UKM Jogja Kolaborasikan Koperasi dengan Wawasan Kebangsaan KepalaDisperinkop UKM Jogja Tri Karyadi Riyanto Raharjo (tengah)memotong tumpeng tanda perayaan ulang tahun koperasi ke 76 di Gedung PDIN, Selasa (18/7/2023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

JOGJA—Perayaan hari ulang tahun koperasi ke 76 digelar Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disperinkop  UKM) Jogja di Gedung PDIN pada Selasa (18/7/2023). Rangkaian perayaan hari koperasi dimulai dengan lomba perkoprasian bagi siswa-siswa di wialyahnya.

Usai koperasi ke 76 tahun ini oleh Disperinkop UKM Jogja dikolaborasikan dengan Badan Kesatuan Bangsa  (Kesbangpol) Jogja agar ditanamkan dalam wawasan kebangsaan. “Agar siswa-siswa ini terus mewarisi ilmu perkoprasian sebagai nilai kebangsaan dalam perekonomian,” kata Kepala  Disperinkop   UKM Jogja Tri Karyadi Riyanto Raharjo, Selasa siang.

Advertisement

Totok sapaan akrab Kepala Disperinkop  UKM Jogja ini menjelaskan pembelajaran koperasi di sekolah-sekolah masih minim. “Sehingga kami pantik pemahamannya ditingkatkan dengan lomba kemarin, agar siswa-siswa juga aktif mempelajari koperasi,” terangnya.

BACA JUGA: Daging Anjing di Jogja: Tiap Bulan Masyarakat Mengonsumsi 6.500 Ekor, Rabies Mengintai

Tak hanya jadi bahan pembelajaran semata di sekolah, jelas Totok, pihaknya juga terus mendorong partisipasi aktif siswa dalam mengurus koperasi di wilayahnya. “Beberapa sekolah sudah kami dorong aga siswa-siswa turut menjalankan koperasi, agar tidak hanya diurus guru atau pegawai sekolah saja,” jelasnya.

Pembelajarannya dan praktek berkoperasi pada siswa-siswa, lanjut Totok, akan menjamin koperasi terus eksis. “Selain itu memang koperasi itu sendiri perlu menyesuaikan zamannya, misalnya terbuka dengan perkembangan teknologi, manajemen yang disusun lebih modern, dan lainnya agar generasi-generasi muda tertarik,” katanya.

Totok juga menjelaskan pihaknya terus  memfasilitasi sekolah yang akan mendirikan koperasi. “Prinsipnya tentu sangat kami fasilitasi, apalagi dari permintaan sekolah sendiri dimana artinya bottom-up sesuai nilai koperasi itu sendiri. Fasilitasinya berupa edukasi, pelatihan, pembinaan, dan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan koperasi tersebut,” ujarnya.

Disperinkop UKM Jogja, jelas Totok, juga terus membina koperasi yang berada di wilayahnya. “Kami selalu koordinasi, seperti dalam perayaan hari ulang tahun ini kami ajak partisipasi pengurus koperasi di Kota Jogja untuk berkegiatan bersama,” ucapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gacoan Trending di X Setelah Didatangi Jokowi yang Pesan Mi Level 0

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement