Advertisement

Penggemar Derkuku Indonesia Berkumpul di Jogja Merebutkan Piala Paku Alam

Media Digital
Rabu, 19 Juli 2023 - 18:27 WIB
Maya Herawati
Penggemar Derkuku Indonesia Berkumpul di Jogja Merebutkan Piala Paku Alam Suasana penyelenggaran Lomba Besar Seni Suara Alam Burung Derkuku Piala KGPAA. Pakualam Cup VI yang diselenggarakan pada Minggu (12/6/2022) di kawasan Alun-alun Selatan. - Harian Jogja / Yosef Leon

Advertisement

JOGJA—Kontes kicau burung derkuku digelar lagi di Jogja dalam gelaran Paku Alam Cup VII pada Minggu (23/7/2023) nanti. Kontes burung derkuku ini akan digelar di Alun-alun Selatan, Jogja dimana penonton dapat menikmatinya secara gratis.

Kontes ini sudah berjalan rutin selama delapan tahun terakhir secara berturut-turut dan termasuk Liga Derkuku Nasional yang dikelola Persatuan Penggemar Derkuku Seluruh Indonesia (PPDSI).

Advertisement

Plh Kepala Dinas Pariwisata DIY Kurniawan menjelaskan penyelenggaraan Paku Alam Cup VII ini dibantu oleh Dinas Pariwisata melalui Dana Keistimewaan. “Semoga event ini bisa menggenjot pariwisata Jogja,” katanya.

Peserta kontes kicau burung derkuku memperebutkan Pakualam Cup ini tersebar tersebar dari berbagai wilayah. “Paling jauh ada dari Lombok, Bali, hampir seluruh provinsi di Jawa juga mengirim perwakilannya,” kata Wakil Sekretaris PPDSI Erwan Yuni, Rabu (19/7/2023).

Paku Alam Cup VII, jelas Ervan, jadi salah satu kontes bergengsi para penggemar burung derkuku di seluruh Indonesia. “Karena bagian dari Liga Derkuku Nasional, event ini sangat bergengsi. Bahkan kedua bergengsi setelah Piala Raja,” jelasnya.

BACA JUGA: Penyalahgunaan Tanah Kas Desa: SPBU, Kafe, sampai Indekos di Sleman Besok Disegel Satpol PP

Total ada 216 kontestan dari seluruh penjuru Indonesia akan bersaing di kontes  tersebut. “Kami ada tiga kelas kompetisi, yaitu pemula, junior dan senior. Ratusan orang dari luar Jogja akan berkunjung dalam kontes ini,” katanya.

Peserta kontes kelas pemula diikuti 108 orang, kelas junior 72 kontestan, dan kelas senior 36 peserta. “Antusiasmenya selalu meningkat dari tahun ke tahun, bahkan saat pandemi saja tinggi peminatnya,” ujarnya.

Kini peserta kontes burung derkuku itu sudah terisi 90%. “Masih tinggal sedikit lagi, kami yakin akan ada peserta yang tidak tertampung karena saking banyaknya yang daftar,” katanya.

Selain peserta, kontes tersebut juga akan dihadiri ratusan penggemar derkuku dari luar wilayah. “Acaranya gratis dan kami yakin banyak wisatawan yang turut menyaksikannya karena sangat menarik ini apalagi bagi penggemar derkuku. Sehingga secara langsung akan berdampak positif ke pariwisata Jogja,” katanya.

Juri kontes tersebut juga bersertifikat resmi dari berbagai wilayah sehingga dijamin penilaiannya terbaik. “Nanti hadiahnya ada trofi dan beberapa hal lain yang disiapkan panitia, yang jelas setiap pemenang kontes [derkuku di Jogja] ini harga derkukunya akan melejit,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Dia Pemenang Duta Bahasa Tingkat Nasional 2023, Ada DIY?

News
| Sabtu, 30 September 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement