Advertisement

Wisatawan Asal Jambi Tergulung Ombak di Pantai Gunungkidul

David Kurniawan
Jum'at, 21 Juli 2023 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Wisatawan Asal Jambi Tergulung Ombak di Pantai Gunungkidul Ombak - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Seorang wisatawan Dara Adila,23, asal Kota Jambi, Jambi tergulung ombak di Pantai Ngrumput di Kalurahan Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Jumat (21/7/2023) sekitar pukul 09.30 WIB. Meski berhasil diselamatkan, tapi dikarenakan syok dan lemas maka korban terpaksa dibawa ke rumah sakit.

Peristiwa kecelakaan laut ini bermula saat korban bermain air dengan teman-temannya. Tiba-tiba muncul gelombang tinggi yang menghantam sehingga Dila terjatuh sehingga tergulung ombak hingga terseret ke tengah.

Advertisement

Beruntungnya, teman korban segera mengejar hingga akhirnya bisa membawa ke pinggiran. Meski berhasil selamat, namun kondisi Dila lemas sehingga membutuhkan pertolongan lanjutan.

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan, ada peristiwa laka laut di Pantai Ngrumput. Korban terseret arus berhasil diselamatkan oleh rekan sesama wisatawan, tetapi karena kondisinya syok dan lemas maka meminta bantuan ke petugas SAR.

BACA JUGA: Korban Malioboro City Datangi Polda DIY, Satgas Mafia Tanah: Kami Akan Membantu

“Kami langsung datang ke lokasi. Diduga korban terlalu banyak minum air sehingga kondisinya lemas,” katanya Suris, Jumat siang.

Menurut dia, upaya memberikan bantuan langsung dilakukan dengan memberikan langkah pertolongan pertama. Namun dikarenakan kondisinya masih lemas, maka korban dibawa ke rumah sakit menggunakan mobil ambulan yang dimiliki.

“Sudah ditangani dan kami tidak mau mengambil risiko. Yang terpenting korban bisa selamat dan kondisinya sehat sehingga kami rujuk ke rumah sakit,” katanya.

Suris menambahkan, kecelakaan laut ini bukan yang pertama terjadi pada Jumat. Pasalnya, sebelumnya juga ada peristiwa sama di Pantai Kukup di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari sekitar pukul  09.00 WIB.

Adapun korban bernama Rahmadiyan asal Bandung, Jawa Barat. Korban terserat ombak saat bermain dan kakinya terluka karena terkena batu karang.

“Langsung kami berikan pertolongan. Jadi, dalam sehari ada dua laka laut yang korbanya bisa diselamatkan semua,” katanya.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono mengimbau kepada pengunjung di pantai untuk berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan laut. Menurut dia, kesadaran dari setiap pengunjung sangat penting karena petugas SAR hanya bisa memberikan imbauan.

“Selebihnya sangat bergantung dengan masing-masing pengunjung. Yang jelas, kami hanya mengingatkan jangan bermain di area berbahaya [di pantai di Gunungkidul] agar tidak menjadi korban laka laut,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Luhut

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement