Advertisement

38 Anggota Paskibraka Dikarantina 19 Hari

Media Digital
Selasa, 01 Agustus 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
38 Anggota Paskibraka Dikarantina 19 Hari Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Tingkat DIY di Pondok Pemuda di Kalipakis, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul, Selasa (1/8/2023). - Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

JOGJA—Sebanyak 38 calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat DIY mulai menjalani karantina selama 19 hari, mulai 1 hingga 19 Agustus 2023. Mereka merupakan personel paskibraka yang akan bertugas dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 di Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta.

Calon anggota paskibraka ini akan digembleng secara fisik, mental, dan kepribadian oleh instruktur dari anggotaTNI-Polri dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Selama proses karantina untuk pelatihan, mereka tidak diperkenankan untuk pulang maupun dijenguk oleh keluarga. Proses perekrutan calon anggota paskibraka tingkat provinsi ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Advertisement

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya mengatakan pelatihan calon anggota paskibraka tingkat DIY sudah dimulai dari seleksi tingkat kabupaten dan kota yang diikuti pelajar sekolah menengah. Kabupaten dan kota kemudian masing-masing mengirimkan delapan orang calon yang terdiri dari empat orang perempuan dan empat orang laki-laki.

BACA JUGA: Sampah Menumpuk Selama Seminggu Terakhir, Dinkes Jogja Ingatkan Dampaknya bagi Kesehatan

“Dari proses seleksi, tim mendapatkan 40 siswa calon anggota paskibraka, dua siswa di antaranya diutus sebagai perwakilan DIY untuk anggota paskibraka di Jakarta, sementara sisanya sebanyak 38 orang mengikuti pendidikan selama 19 hari dalam rangka persiapan upacara HUT kemerdekaan RI di tingkat provinsi,” katanya seusai Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Tingkat DIY di Pondok Pemuda di Kalipakis, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul, Selasa (1/8/2023).

Ia berharap dengan adanya pendidikan dan pelatihan persiapan para calon paskibraka benar-benar siap saat menjalankan tugasnya sebagai pasukan pengibar bendera di Istana Negara Gedung Agung.

Mereka diharapkan mendapatkan pendidikan, memiliki jiwa yang tangguh, fisik dan mental yang bagus, serta cinta Tanah Air. “Diharapkan nilai-nilai itu tetap dipegang sampai mereka dewasa dan matang,” katanya.

Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY, Priya Santosa mengatakan dalam proses pendidikan dan pelatihan calon anggota paskibraka ini diharapkan terbentuk Paskibraka DIY 2023 yang siap melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan bendera pada upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus di Istana Negara Gedung Agung.

Kepala Seksi Pemuda BPO Disdikpora DIY, Rini Admiwati mengatakan sebelum menjalani pendidikan dan pelatihan calon anggota paskibraka, jajarannya menggelar tantingan atau meminta kesiapan mereka mengikuti karantina. “Tantingan ini untuk melihat kesungguhan peserta,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement