Advertisement

Diskominfo Sleman Pasang 1.950 Titik Wifi Gratis

Media Digital
Kamis, 03 Agustus 2023 - 20:27 WIB
Catur Dwi Janati
Diskominfo Sleman Pasang 1.950 Titik Wifi Gratis Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (tengah) bersama sejumlah siswa mengakses Wifi Padukuhan di Sleman, belum lama ini. ist - Diskominfo Sleman

Advertisement

SLEMAN—Kabupaten Sleman terus mengembangkan Wifi gratis bagi warganya. Sampai saat ini ada hampir 2.000 titik Wifi gratis yang terdiri dari Program Wifi Padukuhan dan Wifi komunitas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman, Eka Suryo Prihantoro menerangkan saat ini ada lebih dari 1.950 titik Wifi gratis di Sleman. Dari jumlah itu, sebanyak 1.212 di antaranya merupakan Wifi Padukuhan. "Dalam Program Wifi Padukuhan, semua padukuhan di Sleman bakal ada satu lokasi yang tersedia Wifi gratis," katanya, Kamis (3/8/2023).

Advertisement

Diinisiasi sekitar 2021, Program Wifi Padukuhan telah melesat menjangkau hampir seluruh wilayah Sleman. Kini tersisa 46 titik yang belum terpasang Wifi. Eka optimistis sisa lokasi tersebut bisa tuntas pada September 2023. "Beberapa lokasi yang belum terpasang wifi ada di Turi dan Tempel," katanya.

BACA JUGA: Sebuah Bom Sengaja Diledakkan di Bandara YIA

Untuk 748 titik Wifi gratis merupakan Wifi publik yang tersebar di berbagai ruang di Sleman, mulai dari taman, lapangan, kantor instansi hingga tempat ibadah. Wifi komunitas ini dipasang di lokasi-lokasi publik tempat masyarakat berkumpul. "Kami juga memasang Wifi komunitas di rumah ibadah," katanya.

Banyaknya jumlah Wifi gratis yang terpasang di Sleman menjadi akselerasi yang cukup mentereng di bidang teknologi. Padahal pada 2021, jumlah Wifi gratis di Sleman hanya berkisar 200 titik dan kebanyakan di area perkantoran.

Pada 2021, Wifi Padukuhan menjadi program unggulan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. Dengan anggaran dan dukungan yang diberikan kepada Diskomimfo, dalam rentang dua tahun jumlah Wifi gratis melesat dari 200 menjadi hampir 2.000 titik yakni 1.950 titik.

Bukan hanya sekadar angka, keberadaan Wifi gratis secara nyata sangat membantu masyarakat. Dia pernah melihat kelompok belajar anak-anak berisikan sekitar tujuh orang dapat belajar dengan Wifi gratis yang dipasang di ruang-ruang publik. Sebelum ada Wifi gratis, anak-anak sangat tergantung pada paket data.

BACA JUGA: Sama-Sama Hadiri Premier Smugglers, Jisoo Blackpink dan Ahn Bo-Hyun Kencan di Rumah

Selain dimanfaatkan oleh pelajar di sektor pendidikan, Wifi Padukuhan dan Wifi komunitas juga dioptimalkan di sektor ekonomi. Semua pasar milik Pemkab Sleman telah memiliki akses Wifi gratis. Selain itu, sentra produksi produk tertentu juga dipasangi Wifi. "Pemasangan Wifi ini untuk mendukung kegiatan ekonomi, termasuk di destinasi wisata," katanya.

Eka berharap fasilitas wifi gratis melalui Program Wifi Padukuhan maupun Wifi Komunitas bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif dan produktif oleh masyarakat. Dia berharap dengan program ini masyarakat menjadi lebih melek teknologi, sekaligus bisa menjangkau ruang-ruang tak terbatas untuk hal-hal positif seperti mengakses informasi pendidikan maupun promosi produk UMKM hingga transaksi jual beli. (BC)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement