Advertisement

Hingga September Bantul Diperkirakan Surplus Beras, Stok Musim Kemarau Aman

Hadid Husaini
Jum'at, 04 Agustus 2023 - 18:17 WIB
Maya Herawati
Hingga September Bantul Diperkirakan Surplus Beras, Stok Musim Kemarau Aman Beras - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul menyebut wilayahnya diperkirakan surplus beras periode Juli-September 2023. Stok beras selama musim kemarai dipastikan aman.

"Beras kami [Kabupaten Bantul] surplus, 6.974,04 ton untuk produksi beras di Bantul," kata Kepala Bidang Penyuluhan, Produksi dan Pengembangan Usaha Pertanian (P3UP) DKPP Kabupaten Bantul, Imawan Eko Handriyanto, Jumat (4/8/2023).

Advertisement

Menurutnya, angka tersebut belum termasuk jumlah produksi beras yang ada di penggilingan dan cadangan yang dimiliki pemerintah yang jumlahnya mencapai 33,036 ton.

BACA JUGA: Catat! Ini Daftar Tempat Parkir Dekat Malioboro

Imawan menjelaskan untuk distribusi beras periode Juli hingga September mencapai 27.287,14 ton. "Kalau kebutuhan konsumsi masyarakat selama Juli-September 2023 sebanyak 20.340 ton beras," kata Imawan.

Tahun sebelumnya produksi beras berlebih juga terjadi. Perolehan produksi tersebut sebanyak kebutuhan konsumsi masyarakat selama Juli-September 2023 sebanyak 20.340 ton beras.

Kepala DKPP Bantul Joko Waluyo juga mengamini ihwal kenaikan jumlah tersebut. Pihaknya sebelumnya melakukan pemantauan di beberapa lumbung padi di Bantul.

"Kemarin rekan-rekan kami juga sudah memantau kondisi sejumlah lahan. Jadi, sejauh ini belum ada lahan yang kekeringan dikarenakan El Nino atau musim kemarau. Jadi semua masih aman," ujar Joko, Jumat.

Sedangkan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul, Agus Sulistiyana menyampaikan akan terus mengupayakan ketersediaan beras di pasar terjaga. "Kami selalu berusaha agar selalu ada stok beras di pasar, buka ketika stok ada, diam ketika stok habis," ujarnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Kritisi RUU Penyiaran, Utamanya Larangan Jurnalisme Investigasi

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement