Advertisement

Gunungkidul Gelar Job Fair 2023, Bupati: Mudah-mudahan Pengangguran Berkurang

David Kurniawan
Jum'at, 04 Agustus 2023 - 16:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Gunungkidul Gelar Job Fair 2023, Bupati: Mudah-mudahan Pengangguran Berkurang Suasna kegiatan job fair 2023 yang digelar Pemkab Gunungkidul di Gedung Serba Guna Siyono di Kalurahan Logandeng, Playen mulai 4-5 Agustus 2023, Jumat (4/8 - 2023)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 25 perusahaan mengikuti job fair yang digelar Pemkab Gunungkidul di Gedung Serba Guna Siyono di Kalurahan Logandeng, Playen mulai 4-5 Agustus 2023. Kegiatan ini diharapkan bisa terus menekan angka pengangguran di Bumi Handayani.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan job fair atau bursa kerja yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Koperasi UKM dan Tenaga Kerja. Pasalnya, kegiatan ini bisa menjadi sarana mengurangi jumlah warga yang menanggur di Bumi Handayani.

Advertisement

BACA JUGA: Banyak Pengangguran Terdidik di Jogja

Ia tidak menampik, warga yang menanggur masih ada sekitar 2%. Meski tergolong kecil dibandingkan di DIY, namun hal ini tidak bisa dibiarkan sehingga program bursa kerja tetap dibutuhkan agar angkanya bisa terus ditekan. "Kami terus berupaya agar semua warga memiliki pekerjaan,” kata Sunaryanta, Jumat (4/8/2023).

Ia beharap pelaksanaan job fair bisa dimanfaatkan bagi warga untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. “Dengan mendapatkan kerja, maka angka pengangguran bisa dikurangi,” katanya.

Kepala Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Supartono mengatakan, job fair dilaksanakan selama dua hari. Total ada 25 perusahaan yang membuka lowongan untuk merekrut para perkerja asal Gunungkidul.

Perusahaan yang berpartisipasi tidak hanya dari lokal, namun juga ada dari luar daerah seperti PT Sritex dari Sukoharjo, Jawa Tengah. “Untuk jenisnya ada konveksi, retail, toko berjejaring dan lain sebagainya,” katanya.

Ia berharap penyelenggaraan job fair dapat berjalan dengan sukses. Untuk warga yang hadir, Supartono tidak menargetkan muluk-muluk karena selama penyelenggaraan hanya menargetkan 500 orang yang hadir.

“Harapannya 50% yang hadir bisa diterima kerja,” katanya.

Disinggung mengenai jumlah lowongan yang dibuka, Supartono mengaku masih mendata sehingga belum bisa menyebutkan angka pastinya. “Setiap perusahaan membuka lowongan yang berbeda-beda. Ini masih didata karena antar perusahaan yang dibutuhkan tidak sama. Yang jelas dengan job fair, maka bisa mengurangi pengangguran di Gunungkidul,” katanya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabinet Prabowo Hadapi Tantangan Besar Kelola Defisit Anggaran, Ini yang Dianjurkan Pakar

News
| Sabtu, 26 Oktober 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement