Advertisement

Digelar Serentak Bulan Depan, Pemilihan Ketua OSIS di Bantul Pakai Sistem Digital

Hadid Husaini
Rabu, 09 Agustus 2023 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Digelar Serentak Bulan Depan, Pemilihan Ketua OSIS di Bantul Pakai Sistem Digital Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bantul memberikan pemahaman kepada para generasi muda untuk turut membangun iklim demokrasi yang baik di Bantul. Salah satunya adalah melalui kegiatan Pemilihan OSIS (Pemilos).

Rencananya, Pemilos digelar pada September mendatang dan diikuti oleh seluruh sekolah dari tingkat SMP hingga SMA. Dalam pelaksanannya, kegiatan tersebut juga akan didampingi oleh para guru di masing-masing sekolah.

Advertisement

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Kesbangpol Bantul, Ribut Bimo Aryo Tejo menyampaikan bahwa skema Pemilos sama seperti Pemilu pada umumnya. "Kami sosialisasikan, Pemilos dilaksanakan sama seperti Pemilu yang akan datang, Sistemnya sama, tetapi menggunakan aplikasi epos, jadinya secara digital,” ucap dia kepada Harianjogja.com, Rabu (9/8/2023)

BACA JUGA: Ketua DPRD DIY Dorong Jaga Warga Sukseskan Pemilu 2024

Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Pemilos antara lain Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul yang akan membantu dalam menyiapkan kebutuhan server.

Sebelum Pemilos dimulai, Kesbangpol memberikan arahan kepada setiap sekolah untuk mengadakan Training of Trainers (ToT). Meskipun digelar dengan anggaran yang terbatas, Bimo berharap agenda tersebut berjalan sesuai rencana.

“Berdasarkan masukan, perlu server untuk diubah agar nanti tidak terjadi saling curiga kalau siswa ini mendukung salah satu kandidat,” kata dia.

Menurutnya hasil suara pemilu harus bisa rahasia. Bimo juga mengharapkan bahwa pembiasaan melalui Pemilu dapat menghindarkan praktek yang tidak diinginkan seperti politik uang.

Renacananya pelantikan ketua OSIS yang terpilih akan dihadiri langsung oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih pada 28 Oktober mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gertak Balik Iran, Menlu Israel Ancam Perang Besar-besaran

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement