Advertisement

Pastikan Pola Asuh Anak Terjamin, Pemkot Jogja-BKKBN DIY Berkolaborasi Lahirkan SOTH

Triyo Handoko
Jum'at, 11 Agustus 2023 - 09:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Pastikan Pola Asuh Anak Terjamin, Pemkot Jogja-BKKBN DIY Berkolaborasi Lahirkan SOTH Suasana wisuda Sekolah Orang Tua Hebat yang diikuti 30 peserta dari Kampung Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan pada Rabu (9/8 - 2023). Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja dan BKKBN DIY berkolaborasi mengadakan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) untuk memastikan pola asuh yang digunakan untuk anak-anak terjamin. Program SOTH juga agar meningkatkan ketahanan keluarga di Kota Jogja.

SOTH yang diadakan tersebut telah berhasil meluluskan 30 orang tua yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Total 30 peserta telah mengikuti 13 kali pembelajaran yang diselenggarakan dari Februari-Juli 2023 ini.

Advertisement

BACA JUGA: Begini Pola Asuh Anak yang Baik, Jangan Sampai Buah Hati Jadi Korban

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Andi Ritamariani menjelaskan 30 orang tua telah mendapat pembelajaran perencanaan hidup berkeluarga, konsep perkembangan pengasuhan anak, perkembangan fisik, motorik dan sosio emosional anak usia dini. Selain itu peserta juga mendapat materi pembentukan dan karakter anak, kesehatan mental anak dan orang tua, serta perlindungan hak anak.

“Materi pembelajaran yang sudah diberikan, kami harap bisa berdampak pada perilaku orang tua dalam melaksanakan pola asuh tumbuh kembang pembentukan karakter anak,” jelas Rita saat wisuda peserta SOTH pada Rabu (9/8/2023).

Rita menyebut program ini juga bertujuan membentuk ketahanan keluarga lebih kuat lagi di Kota Jogja. “Ketahanan keluarga ini hal yang penting dalam pembangunan dimana dengan ketahanan keluarga peningkatan kapasitas sumber daya manusia jadi lebih mudah dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo menjelaskan pihaknya mendukung program yang diselenggarakan BKKBN tersebut. “Kedepan kami siap berkolaborasi untuk meningkatkan lagi program ini agar semakin banyak orang tua yang memiliki pemahaman yang komprehensif terkait pengasuhan anak,” paparnya.

Kota Jogja sebagai percontohan program SOTH, jelas Singgih, sangat terbantu untuk meningkatkan ketahanan keluarga. “Program ketahanan keluarga jadi hal penting bagi kami untuk mencetak generasi emas Kota Jogja,” katanya.

Program SOTH sendiri diikuti oleh para orang tua di Kampung Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan. “Materi yang didapat dari program SOTH bisa dikombinasikan dengan filosofi dan nilai-nilai budaya Jogja untuk diimplementasikan dalam pengasuhan di keluarga. Mengingat nilai-nilai budaya itu terkait dengan perilaku seperti toleransi dan saling menghargai,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ada Pemasangan Eskalator, Per 6 Mei 2024 Perjalanan Kereta Tujuan Pasar Senin Berhenti di Jatinegara

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement