Advertisement

Peringati HUT RI ke-78, Sultan Ajak Masyarakat Berubah Ke Arah Lebih Baik

Media Digital
Kamis, 17 Agustus 2023 - 18:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peringati HUT RI ke-78, Sultan Ajak Masyarakat Berubah Ke Arah Lebih Baik Sultan sebagai inspektur upacara HUT RI di Gedung Agung, Kamis (17/8 - 2023).

Advertisement

JOGJA—Dalam peringatan HUT RI ke 78, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengajak masyarakat untuk dapat berubah ke arah yang lebih baik. 

“Momentum peringatan ke 78 Proklamasi Kemerdekaan RI dengan tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju dapat dimaknai sebagai semangat untuk menempuh perubahan ke arah yang lebih baik dalam setiap dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya di Gedung Agung, Kamis (17/8/2023). 

Advertisement

Menurut Sultan berbagai perubahan yang terjadi sejatinya keniscayaan, seperti falsafah lir gumanti dan cakra manggilingan. Selaras dengan hal tersebut, menurut Sultan dalam sengkalan tarikh Jawa wiyata gati pambukaning budi seakan menggelorakan semangat yang dapat dimaknai setiap perubahan harus disikapi secara positif dengan diiringi upaya pembelajaran atas kehidupan, agar perubahan tersebut memiliki dampak positif dan menyejahterakan. 

Menurut Sultan energi bangsa dan kearifan lokal harus diaktualisasikan dan diselaraskan dengan berbagai perubahan global. 

Baca juga: Daftar Gaji PNS Terbaru: Capai Rp6,3 Juta per Bulan

“Adaptasi sosial ini dilakukan untuk membuka pintu pemikiran berlandaskan pada nilai-nilai dan etika kemanusiaan agar setiap proses pembangunan dapat mendukung pemerataan kesejahteraan di seluruh Indonesia,” katanya. 

Karena itu, Sultan mengajak agar kebhinekaan sebagai potensi energi bangsa dapat dipupuk dan dikembangkan bersama supaya menjadi akumulasi kekuatan positif serta menjadi wahana menuju masyarakat yang lebih sejahtera, berkeadilan, guyub rukun dan aman-damai. 

“Marilah kita bangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan kerja bersama yang menandai proklamasi kemerdekaan ke 78 RI dengan penuh rasa syukur,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidang Eks Menteri Pertanian SYL, KPK Bawa 4 Saksi dari Kementan

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement