Advertisement

Jembatan Terpanjang di Tol Jogja Solo Punya Nama Unik, Ini Lokasinya

Sunartono
Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:17 WIB
Sunartono
Jembatan Terpanjang di Tol Jogja Solo Punya Nama Unik, Ini Lokasinya Kontruksi Jembatan Jebul yang merupakan jembatan terpanjang di tol Jogja Solo dan Jogja YIA. - Youtube.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah jembatan terpanjang yang melintas di ruas tol Jogja Solo saat ini dalam proses pembangunan konstruksi. Jembatan ini memiliki nama unik terletak di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Jembatan terpanjang di ruas tol Jogja Solo Kulonprogo ini terletak di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten yang berada di seksi 1.1 proyek tol Jogja Solo. Jembatan ini dibangun bukan karena adanya sungai yang besar, melainkan menyesuaikan dengan konstruksi lahan. Mengingat pada titik trase tersebut tergolong dataran rendah sehingga dibangun melayang seperti jembatan. Meski demikian di bawah jembatan tersebut memang terdapat sungai kecil yang juga jembatan kecil biasa dilalui warga sekitar.

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja Solo di Ring Road Utara Segera Dibangun, Apakah Ring Road Ditutup?

Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra saat dimintai konfirmasi membenarkan, bahwa jembatan yang berada di Desa Kranggan dan Desa Kahuman, Polanharjo, Klaten ini merupakan satu-satunya jembatan terpanjang untuk tol Solo Jogja Kulonprogo. Jembatan ini memiliki nama bahasa Jawa Jebul atau ternyata.

“Iya betul [jembatan terpanjang di tol Jogja Solo] namanya Jembatan Jebul jembatan terpanjang yang ada di jalan Tol Jogja-Solo,” kata Rahmat lewat ponselnya, Kamis (17/8/2023).

Pada bagian bawah jembatan ini terdapat jalan sebagai lalu lintas akses dari warga setempat. Adapun pembangunan jembatan ini telah menunjukkan progress yang sesuai perencanaan. Hingga pertengahan Agustus 2023 ini seluruh girder yang merupakan kerangka atas jembatan telah terpasang. Berdasarkan informasi total ada 48 satuan girder yang terpasang di jembatan ini.

Todal ukuran jembatan ini diperkirakan mencapai 170 meter yang terbagi dalam empat bentang girder yang terpasang. Di mana setiap bentang setidaknya ada 12 girder yang terpasang dengan panjang masing-masing berukuran 40 meter.

Girder yang terpasang sebagai rangka atas jembatan ini ditopang oleh 12 pilar penopang yang merupakan konstruksi berbentuk silinder.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mempercepat penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Solo - Jogja - YIA Kulonprogo atau dikenal dengan tol Jogja Solo dan Jogja YIA. Tol ini dibangun untuk meningkatkan konektivitas dan mengurai kemacetan di wilayah DIY. Saat ini tengah diselesaikan Seksi 1 dari Kartosuro hingga Simpang Susun (SS) Purwomartani, Kabupaten Sleman dengan target rampung tahun 2024.   

BACA JUGA : Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Belum Kelar, Terendah Baru 40 Persen

“Untuk PSN Tol Solo-Yogyakarta, tahun 2024 semoga sudah dapat dimanfaatkan masyarakat sampai Purwomartani, karena tol ini memang sudah sangat ditunggu,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono belum lama ini.

Konstruksi Jalan Tol Jogja Solo seksi 1 sepanjang 42,38 km dikerjakan oleh kontraktor PT Jogjasolo Marga Makmur dalam 2 paket, yakni Seksi 1 paket 1.1 ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,30 km dan Seksi 1 paket 1.2 ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20,08 km. Hingga Juli 2023 lalu pengadaan lahan ruas Kartosuro-Klaten sudah mencapai 95,26 persen dengan progres konstruksi 53,3 persen. Kemudian untuk ruas Klaten-Purwomartani progres lahan mencapai 79,96 persen dengan pekerjaan fisik 2,6 persen.

"Tol ini sangat ditunggu masyarakat karena lebih dari 25.000 kendaraan lewat Jogja-Solo setiap harinya, sehingga sudah sangat penuh, bahkan di periode tertentu sangat macet,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Korban Banjir Konawe Utara Pilih Mengungsi Mandiri

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement