Advertisement

Promo Tujuh Belasan

Lulusan SMK Mendominasi Job Fair di Kulonprogo

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Lulusan SMK Mendominasi Job Fair di Kulonprogo Ilustrasi bursa kerja / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulonprogo selesai menggelar Job Fair sepekan lalu. Melalui Job Fair tersebut, Disnaketrans mencatat bahwa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mendominasi kunjungan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kulonprogo, Atik Zuniastuti, mengatakan bahwa lulusan SMK masih mendominasi jumlah pengunjung di perhelatan Job Fair tahun 2023.

Advertisement

"Jumlah pengunjung total kemarin ada 1.908 orang. Itu selama dua hari perhelatan. Dominasi pengunjung lulusan SMK meski tidak kami data secara khusus," kata Atik dihubungi, Kamis (17/8/2023).

Dari jumlah total pengunjung tersebut, pengunjung laki-laki sebanyak 1.226 orang dan perempuan ada 682 orang dalam dua hari. Pengunjung hari pertama lebih banyak dari hari kedua. Hari pertama ada 1.114 orang dan hari kedua ada 794 orang. "Kalau usia yang datang ke Job Fair terekam terbanyak usia 18 sampai 19 tahun," katanya.

Job Fair yang diadakan di Aula SMK Negeri 2 Pengasih sepekan lalu menghadirkan 25 perusahaan dengan lowongan yang ada mencapai 2.734. Selama dua hari pagelaran Job Fair, Disnakertrans menargetkan jumlah kunjungan 950 orang. Realisasinya jumlah kunjungan justru mencapai 1.114 orang.

"Sebenarnya sangat bisa jumlah perusahaan yang ikut serta ditambah. Sampai 50 perusahaan juga bisa. Tapi memang butuh upaya pengusulan tambah pagu anggaran dan cari lokasi Job Fair yang lebih representatif," ucapnya.

BACA JUGA: Beredar Kabar Penyaluran Obat Cacing Gratis sebagai Upaya Depopulasi, Ini Faktanya

Kemungkinan tersebut sangat dapat dilakukan karena menurut Atik, selama ini Disnakertrans telah menjadi kerja sama dengan perusahaan dengan baik.

Dia berharap, ke depan banyak perusahaan yang ikut serta dalam pagelaran Job Fair dengan tawaran lowongan pekerjaan bagi warga Kulonprogo pada khususnya dan DIY pada umumnya.

"Di sisi lain kami berharap calon tenaga kerja dari DIY khususnya Kulonprogo mampu melihat dan memanfaatkan kesempatan kerja yang tersedia di Job Fair," lanjutnya.

Atik berpesan bagi pencari kerja yang belum mendapat kesempatan bekerja tahun ini dapat mempelajari persyaratan pada lowongan yang disediakan perusahaan. Setelah itu, pencari kerja perlu mempersiapkan dengan matang kompetensi yang dibutuhkan. Dengan begitu, persyaratan dan kompetensi yang dipunyai dapat sesuai.

Pejabat Fungsional Pengantar Kerja Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kulonprogo, Esti Rohana, mengatakan bahwa selama dua hari pagelaran Job Fair, terdapat 2.469 lamaran masuk ke booth perusahaan.

"Dari 2.734  lowongan yang ada, pengunjung tercatat ada 1.908 dalam dua hari. Dari data tersebut berdasarkan rekapitulasi dari peserta ada 2.469 pengunjung yang memasukkan lamaran kerja ke booth perusahaan dan/atau register data kunjung booth dan/atau menggunakan layanan di booth perusahaan," kata Esti dihubungi, Kamis (17/8/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan CPNS di Kementerian Keuangan, Lulusan SMA/SMK Bisa Mendaftar

News
| Minggu, 25 Agustus 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Digelar Lagi, Ini Jadwal Festival Prawirotaman dan Fashion on the Street Prawirotaman

Wisata
| Jum'at, 23 Agustus 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement