Advertisement

Generasi Muda Harus Mengisi Kemerdekaan dengan Kegiatan Positif

Media Digital
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 01:00 WIB
Abdul Hamied Razak
Generasi Muda Harus Mengisi Kemerdekaan dengan Kegiatan Positif Anggota Paskibraka DIY saat bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Kamis (17/8/2023). Harian Jogja - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam upacara perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Kepresidenan Gedung Agung Jogja, ada 38 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang bertugas sebagai petugas upacara. Sebagai generasi muda, anggota paskibra diharapkan dapat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif.

Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Priyo Santoso mengatakan dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI kali ini, dia mengajak generasi muda untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan diri mengusir penjajah. Menurutnya, patriotisme dan nasionalisme para pahlawan selayaknya dapat dimiliki oleh generasi masa kini. Dia juga berharap generasi muda dapat mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif.

Advertisement

BACA JUGA: Peringati HUT RI ke-78, Sultan Ajak Masyarakat Berubah Ke Arah Lebih Baik

“Generasi muda harus mengisi kemerdekaan dengan sebaik baiknya, terutama dengan hal yang positif,” katanya di Gedung Agung, Kamis (17/8).

Dalam upacara HUT Kemerdekaan di Gedung Agung, ada 38 anggota paskibraka yang bertugas dalam pengibaran dan penurunan bendera. Menurut Priyo, anggota paskibraka telah menjalani seleksi dan pendidikan sebelum menjalankan tugasnya. Seleksi paskibraka tingkat DIY digelar sejak awal Mei, kemudian yang terpilih menjalani pendidikan 1-19 Agustus 2023.

"Kami juga tidak hanya fokus pada latihan fisik, tetapi juga pendidikan tentang wawasan kebangsaan, Pancasila, dan NKRI. Harapannya, anggota paskibraka memiliki wawasan kebangsaan dan kekuatan fisik yang lebih baik," katanya.

Menurutnya, di tengah berkembangnya media sosial yang sangat pesat, kecintaan generasi muda terhadap bangsa dan negara patut diapresiasi. Dalam memaknai hari kemerdekaan kali ini, menurut Didik, generasi muda harus merefleksikan perjuangan para pahlawan terdahulu. Dia pun berharap generasi muda dapat memaknainya dengan kegiatan yang positif. "Saat ini generasi muda tinggal meneruskan, bagaimana mengisi pembangunan itu dengan melihat perjuangan para pahlawan, sehingga nilai positif bisa diambil sebagai spirit bagi generasi muda," katanya.

Sebelum bertugas saat upacara HUT Kemerdekaan, anggota paskibraka dikukuhkan di Gedung Agung, Rabu (16/8). Pembawa baki bendera, Regina Silfani Ulya Afifah mengaku sangat senang dan bangga karena dapat berpartisipasi dalam pengibaran bendera di Gedung Agung. “Saya sangat bangga, sangat senang, karena bisa membanggakan kedua orang tua saya. Dari awal ke sini orang tua saya selalu bilang saya pasti bisa. Jadi saat ini saya bisa mewujudkan itu,” kata Siswi SMAN 1 Pengasih Kulonprogo tersebut. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepada Presiden Terpilih Prabowo, Luhut Berpesan Jangan Bawa Orang Toxic ke Kabinet

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement