Advertisement

Tekan Angka Kecelakaan, Dishub Sleman Pasang Speed Bump di Simpang Krikilan

Catur Dwi Janati
Senin, 21 Agustus 2023 - 23:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tekan Angka Kecelakaan, Dishub Sleman Pasang Speed Bump di Simpang Krikilan Ilustrasi rambu-rambu lalu lintas - Harian Jogja/dok

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembatas kecepatan speed bump atau polisi tidur mulai dipasang di simpang empat Krikilan, Berbah pada Agustus ini. Langkah ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi di area simpang tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Arip Pramana menjelaskan pemasangan speed bump atau polisi tidur dilakukan untuk mengurangi kecepatan para pengendara yang hendak melintasi simpang empat Krikilan. Pasalnya di lokasi tersebut sering terjadi kecelakaan.

Advertisement

"Jadi itu kan simpang empat utamanya yang dari arah utara dan ke selatan itu kan ada gapura seperti ketutup. Sehingga diperlukan [speed bump] yang dari timur dan dari barat supaya agak pelan," kata Arip dikutip pada Senin (21/8/2023).

Polisi tidur yang dipasang ini berbahan dari karet. Pembatas kecepatan dipasang di sisi barat dan timur simpang Krikilan. Sedangkan rambu peringatan dipasang pada jarak 30 meter dari pembatas kecepatan.

Baca juga: Warga Bantul Jual Jenglot Rp17 Juta, Sebut Bisa Datangkan Uang Gaib

"Supaya orang itu sebelum sampai ke speed bump itu sudah ada peringatan. Karena kalau tahu-tahu ada speed bump tanpa ada rambu-rambu nanti malah dia ngeremnya mendadak di situ malah justru bahaya," ungkapnya.

Pemasangan pembatas kecepatan telah melalui diskusi dalam forum lalu lintas. Pembahasannya telah dilakukan sejak Juni lalu. Namun eksekusi pemasangan pembatasan kecepatan baru dilakukan pada Kamis (10/8/2023). "Kalau ada pembatasan kecepatan kan dia pasti mengurangi kecepatan terlebih dahulu," tambahnya.

Arip berharap adanya pembatas kecepatan ini dapat menekan angka kecelakaan di simpang empat Krikilan, Berbah. "Harapannya dengan adanya pembatas kecepatan tersebut, pengendara akan menurunkan kecepatan kendaraannya. Sehingga angka kecelakaan di simpang empat Krikilan, Berbah bisa diminimalisir," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selain Siswa, Seorang Guru SMK Lingga Kencana Depok dan Pengendara Motor Ikut Tewas

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement