Advertisement

Kabel Jalan Sarkem Jogja Bakal Ditanam seperti di Tugu Pal Putih

Yosef Leon
Rabu, 23 Agustus 2023 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Kabel Jalan Sarkem Jogja Bakal Ditanam seperti di Tugu Pal Putih Kawasan Tugu Pal Putih, dengan penataan kabel sistem tanam atau ducting. - ist - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penataan kawasan di Kota Jogja terkait dengan jaringan kabel fiber optik terus dilanjutkan. Setelah kabel di kawasan Tugu Pal Putih kini giliran di Jalan Pasar Kembang alias Sarkem Jogja. Rencananya kabel bakal ditanam dengan cara yang sama yaitu sistem ducting.

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Jogja menyebut penataan di Sarkem Jogja ini agar membentuk tata kota yang lebih sedap dipandang.

Advertisement

Kepala Diskominfosan Kota Jogja Ignatius Trihastono mengatakan penataan infrastruktur Kota Jogja akan disatukan pula dengan upaya mempercantik visual udara terutama di beberapa titik yang menjadi andalan bagi sektor pariwisata. Beberapa waktu lalu kawasan Tugu, Kotabaru dan Malioboro sudah dilakukan penataan kabel fiber optik.

"Di beberapa penggal jalan sudah kami tata ya kabel FO dengan sistem ducting atau kabel bawah tanah. Beberapa yang belum memungkinkan kami sederhanakan sehingga tiang dan kabel jadi lebih sedikit," kata Trihastono dalam acara FGD Untuk Telekomunikasi Nyaman, Gunakan Frekuensi Aman, Rabu (23/8/2023).

BACA JUGA: Parpol Masih Diperbolehkan Mengganti Bacaleg

Beberapa area yang sudah ditata penyelenggaraan kabel FO yakni kawasan Jalan Jenderal Sudirman, KH A Dahlan, Kawasan Malioboro, Jalan Suroto, dan kawasan Tugu Pal Putih serta perempatan Gondomanan. Di sejumlah wilayah lain dilakukan penyederhanaan kabel di antaranya Malioboro, Jalan Magelang, Jalan Sidobali dan Jalan Bener.

"Kalau Malioboro kan belum memungkinkan untuk pakai kabel bawah tanah, sehingga kami sederhanakan dan dirapikan. Tahun ini sasaran selanjutnya di Jalan Pasar Kembang [Sarkem Jogja] dari area Stasiun Tugu Jogja dan masuk kawasan Malioboro," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement