Advertisement

130 UMKM Ramaikan Festival UMKM Sembada 2023

Media Digital
Jum'at, 25 Agustus 2023 - 06:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
130 UMKM Ramaikan Festival UMKM Sembada 2023 (paling kanan) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, R Haris Martapa (empat dari kiri) Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dalam 'Opening Ceremony Festival UMKM Sembada 2023' di Jogja City Mall, Kamis (24/8 - 2023). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

JOGJA—Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggelar Festival UMKM Sembada 2023 di Jogja City Mall 24-27 Agustus 2023. Sebanyak 130 UMKM turut berpartisipasi dalam festival ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, R Haris Martapa menjelaskan UMKM memiliki tingkatan-tingkatan dari 1 sampai 5. UMKM yang berpartisipasi dalam festival ini berada di tingkat tengah yakni 3. Artinya UMKM tersebut sudah memiliki perizinan, secara produksi sudah settle, dan tidak ada kesulitan terkait permodalan serta lainnya. Saat ini yang perlu mereka lakukan adalah meningkatkan inovasinya.

Advertisement

"Saat ini ada istilahnya naik kelas, yang perlu ditingkatkan adalah inovasinya. Semoga setelah mengikuti festival ini, inovasinya bisa meningkat lebih tinggi lagi. Dan ada beberapa yang sudah ekspor ke Malaysia dan Korea," paparnya dalam acara 'Opening Ceremony Festival UMKM Sembada 2023' Kamis (24/8/2023).

130 UMKM yang berpartisipasi dalam festival terdiri dari fashion, kraft, flora, kuliner, hingga produk kecantikan. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi kegiatan edukasi dan promosi produk unggulan UMKM Sleman sehingga lebih banyak lagi yang mengenal. Produk UMKM yang dipamerkan dalam festival ini tidak hanya bisa dibeli secara langsung, namun juga secara online.

Baca juga: Musyawarah Pengadaan Lahan Tambahan Tol Jogja-Bawen Ditarget Rampung September

"Selama kegiatan festival ada kegiatan tambahan yang dilakukan antar OPD [Organisasi Perangkat Daerah] dan besok ada kegiatan yang melibatkan anak muda dan anak sekolah, ada lomba tari, lukis, dan lainnya," paparnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan ini. "Dimeriahkan juga dengan adik-adik duta koperasi Sleman. Terima kasih juga kepada Aliansi Produk Nusantara yang produknya juga sudah masuk dan menginisiasi juga produk ekspor dan luar daerah," katanya. 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi acara Festival UMKM Sembada 2023 yang diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan dinas terkait di Kabupaten Sleman. Diharapkan UMKM yang berpartisipasi dalam festival ini bisa naik tingkat dengan melakukan inovasi.

"Bagaimana inovasi ini bisa diterima di pasar, melalui festival di mal ini UMKM Sleman bisa diterima masyarakat. Kurasinya sudah ketat ada 130 dan hasilnya gak mengecewakan," ucapnya.

Produk UMKM Sleman sudah banyak dikenal bahkan pasarnya bisa sampai mancanegara. Kustini meminta agar kualitas dari produk UMKM ini terus dijaga dan ditingkatkan inovasinya. Pelaku UMKM juga harus bisa melihat tren pasar. "Harus selalu literasi membaca perkembangan zaman agar kualitas bisa meningkat tanpa batas. Pemkab Sleman selalu mendorong UMKM terus berinovasi dan mensejahterakan UMKM di Sleman," lanjutnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polda Jatim Tangkap dan Tetapkan Tersangka Pembuat Konten Asusila Berjudul Guru Tugas

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement