Advertisement

Baitussalam All Star Show Wahana Kreatifitas Para Santri

Media Digital
Senin, 28 Agustus 2023 - 16:00 WIB
Abdul Hamied Razak
Baitussalam All Star Show Wahana Kreatifitas Para Santri Salah satu penampilan santriwati Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan pada kegiatan Baitussalam All Star Show (BASS) 2023, Minggu (27/8/2023). Even tahunan yang digelar setiap akhir Agustus ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan menggelar Baitussalam All Star Show (BASS) 2023. Even tahunan yang digelar setiap akhir Agustus ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023).

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan, KH Abdul Hakim mengatakan BASS selama ini menjadi wahana kreatifitas para santri Baitussalam. "Saya bangga dan senang, para santri giat dan semangat menampilkan kreasinya. Inilah pendidikan yang dilaksanakan di pondok pesantren. Mereka tidak hanya belajar di kelas, di masjid tetapi juga berkreasi melalui BASS," katanya di sela kegiatan.

Advertisement

BACA JUGA: Salut! Penyair Jogja, Jokpin Terima Penghargaan Ahmad Bakrie Tahun Ini

Dijelaskan Hakim, even tersebut dilaksanakan sepenuhnya oleh para santri. Mulai dari pembentukan kepanitiaan, pembuatan proposal kegiatan, pencarian dana hingga desain panggung seluruhnya dilakukan oleh para santri. Untuk tampil di BASS, katanya, para santri dari PAUD hingga tingkat SMA berlatih setidaknya dua bulan.

"Even BASS ini, merupakan salah satu proses pendidikan dan pembelajaran di dalam pondok pesantren kepada para santri. Apa yang dirasakan dan dilakukan para santri merupakan bagian dari proses pendidikan. Tujuannya, agar para santri bisa berkreasi dan mandiri," terangnya.

Yang menarik, sambung Hakim, tema yang diangkat para santri berbeda dengan tahun sebelumnya. Bila tahun lalu, tema yang diangkat Puspawarna Nusantara dengan menampilkan kesenian daerah dalam kebhinnekaan negeri maka BASS pada tahun mengangkat tema The Gleaming Asia.

"Mereka sudah punya angan-angan Go Asian, makanya BASS tahun ini bukan hanya kelas nasional tetapi sudah mulai menginternasional. Selain menampilkan kreasi seni nasional juga ada penampilan seni Korea, Jepang dan lainnya," ujar Hakim.

Dia berharap, BASS terus memacu kreatifitas para santri baik putra maupun putri agar saling berkompetisi dalam kebaikan. Dukungan semua pihak, baik para pengajar, wali santri, para alumni dan masyarakat sekitar sangat dibutuhkan. "Kami berterima kasih atas segala dukungannya karena mereka sudah bersusah payah menggelar kegiatan ini," ujar Hakim.

Ketua Panitia Santriwati BASS 2023 Muqsitoh Harokiya menambahkan BASS menjadi salah satu sarana untuk menggali potensi kreatifitas, minat dan bakat yang dimiliki para santri. Tentu, dengan berbagai hal yang positif. "Kami bahagia karena acara BASS tahun ini tidak hanya dimeriahkan oleh santri TK, SD, SMP dan SMA tetapi juga dimeriahkan oleh KMI (kuliatul muallimat al-islamiyah)," katanya.

Ditambahkan juga, pada tahun ini Baitussalam melakukan pembukaan Pendaftaran KMI (Kulliyatul Mualimat/Muallimin Al-Islamiyah) SMPIT, SMAIT Baitussalam Prambanan, Info lebih lanjut kunjungi website www.baitussalam.sch.id.

PPDB Pondok Pesantren Modern Baitussalam dibuka tanggal 1 September 2023 untuk unit KMI, SMP IT dan SMA IT boarding school daftarkan putra putri bapak/ibuk sebelum pendaftaran ditutup. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Gempa Garut Rusak 110 Rumah dan Berdampak pada 75 KK

News
| Minggu, 28 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement