Advertisement

Sultan: Energi Berkelanjutan Jadi Konsep Pengelolaan Sumber Daya di DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:47 WIB
Sunartono
Sultan: Energi Berkelanjutan Jadi Konsep Pengelolaan Sumber Daya di DIY Sultan HB X menghadiri Forum Fasilitasi Produksi Migas (FFPM) Indonesia di Yogyakarta Marriott Hotel, Selasa (29/8/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Konsep pengelolaan sumber daya energi di DIY mulai dikembangkan dengan konsep energi berkelanjutan. Konsep tersebut diusung agar sumber daya energi yang ada dapat dimanfaatkan untuk generasi mendatang. 

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menilai energi berkelanjutan merupakan konsep penting yang seharusnya menjadi pilar utama dalam pengelolaan sumber daya energi. Menurut Sultan mengelola sumber daya energi menggunakan konsep energi berkelanjutan, akan menjaga kelangsungan energi tersebut untuk generasi mendatang. 

Advertisement

BACA JUGA : Rencana Sultan HB X Manfaatkan Sultan Grond untuk Warga

“Konsep ini menyuarakan perlunya menjaga keseimbangan antara kebutuhan energi saat ini dengan perlindungan lingkungan dan kesinambungan bagi generasi yang akan datang,” kata Sultan dalam Forum Fasilitasi Produksi Migas (FFPM) Indonesia di Yogyakarta Marriott Hotel, Selasa (29/8/2023). 

Menurut Sultan dalam produksi minyak dan gas bumi, perlu ada transformasi menuju praktik yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan berkelanjutan. 

Raja Kraton Ngayogyakarta ini mengatakan konsep energi berkelanjutan mulai diterapkan dalam pengelolaan sumber daya energi di DIY. Pengelolaan energi dengan konsep energi berkelanjutan, misalnya di diterapkan di Pasar Buah Gamping yang mengelola sampah buah busuk menjadi energi listrik dengan teknologi yang diadopsi dari Swedia. 

BACA JUGA : Sultan HB X: Soal Sampah Bukan Wewenang Saya

Selain itu, menurut Sultan pemerintah pusat juga mendirikan Baron Technopark di Kabupaten Gunungkidul, sebagai pusat penelitian pemanfaatan energi terbarukan. Menurut Sultan dalam pengelolaan Baron Technopark, riset pemanfaatan angin dan matahari sebagai sumber tenaga pembangkit listrik terus dilakukan. 

Pemda DIY telah meresmikan pemanfaatan energi matahari sebagai upaya mengatasi kebutuhan air warga Gunungkidul melalui Sistem Pompa Air Tenaga Surya (SPATS). Seluruh inovasi yang dilakukan DIY tersebut menurut Sultan sejalan dengan konsep pengelolaan energi berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Punya Kedalaman 116 Meter, Hongyancun Jadi Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Wisata
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement