Advertisement

Dua Kebakaran Terjadi di Bantul dalam Satu Hari

Yosef Leon
Senin, 04 September 2023 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Dua Kebakaran Terjadi di Bantul dalam Satu Hari Petugas Damkarmat BPBD Bantul berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Dusun Paten RT 01, Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis, Senin (4/9/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dua insiden kebakaran lahan terjadi di Bantul dalam waktu sehari pada Senin (4/9/2023) di Kapanewon Jetis, Bantul. Kebakaran pertama terjadi di Dusun Paten RT 01, Sumberagung dan tak lama berselang terjadi lagi di area Dusun Cembing, Trimulyo.

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul Irawan Kurnianto menjelaskan insiden kebakaran pertama yang terjadi di Dusun Paten RT 01 Sumberagung menimpa lahan milik Kelurahan Sumberagung. Insiden terjadi pada pukul 10.40 WIB.

Advertisement

"Kami mendapat laporan warga setempat soal insiden kebakaran lahan. Sekitar pukul 11.05 Wib petugas sudah tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman," ujarnya.

Irawan menjelaskan, kebakaran lahan itu disebabkan oleh aksi membakar sampah oleh warga setempat. Api kemudian menjalar ke daun tanaman tebu yang mengering lantas merembet ke lahan di belakang pemukiman penduduk dan makam.

"Luas lahan yang terbakar kurang lebih dua hektare. Kami menerjunkan tiga unit mobil pemadam untuk menjinakkan api. Pukul 12.45 api berhasil dipadamkan," katanya.

BACA JUGA: Di Bantul, Warga Buang Sampah Sembarangan Makin Banyak

Kemudian insiden kebakaran kedua terjadi pukul 12.40 WIB, tak berselang lama setelah petugas memadamkan api di wilayah Dusun Paten. Lahan berupa rumpun bambu di Dusun Cembing, Trimulyo dilaporkan warga setempat mengalami kebakaran pula.

"Penyebabnya sama akibat dari aksi warga membakar sampah, kemudian api meluas ke rumpun bambu," jelas Irawan.

Adapun luas lahan yang terbakar kurang lebih 200 meter persegi. Warga mengaku melihat kepulan asap dari kejauhan dan di sepanjang sungai. Setelah di dekati ternyata rumpun bambu di sepanjang sungai itu terbakar. Untuk antisipasi api menjalar di lahan pemukiman, warga kemudian melaporkan ke BPBD.

"Kami harus membagi tugas antara pemadaman yang di Dusun Paten dan Cembing. Karena yang sebelumnya juga belum selesai, kemudian malah ada kebakaran lagi. Pukul 14.15 WIB api berhasil dipadamkan petugas. Total ada dua unit mobil yang kami terjunkan," kata dia.

Irawan meminta agar warga lebih berhati-hati saat membakar sampah menyusul masih berlangsungnya musim kemarau di wilayah Bantul. Kelengahan sedikit saja akan berpotensi menimbulkan kebakaran yang meluas dan merugikan banyak pihak. "Kalau membakar sampah supaya dijaga dan diperhatikan apinya, jangan terus dibiarkan dan ditinggal," katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement