Advertisement

Gerindra DIY Targetkan Perolehan 10 Kursi DPRD di Pemilu 2024

Ujang Hasanudin
Selasa, 05 September 2023 - 18:47 WIB
Ujang Hasanudin
Gerindra DIY Targetkan Perolehan 10 Kursi DPRD di Pemilu 2024 Sekretaris DPD Gerindra DIY, Nur Subiantoro. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DIY menargetkan perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY minimal 10 kursi pada Pemilu 2024 mendatang. Target tersebut meningkat dibanding perolehan Pemilu 2019 lalu sebanyak tujuh kursi.

Sekretaris DPD Gerindra DIY, Nur Subiantoro mengatakan berbagai langkah sudah dilakukan untuk mencapai target tersebut di antaranya dengan menyolidkan kembali kepengurusan partai sampai tingkat ranting atau kalurahan. Kemudian membentuk saksi yang akan ditugaskan di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Advertisement

“Ada ribuan saksi yang kita bentuk. Sampai saat ini sudah sekitar 80 persen dan kami instruksikan kepada semua DPD kabupaten dan kota agar pembentukan saksi ini selesai pada 15 September 2023,” katanya, seusai menerima audiensi dari tim Harian Jogja di kantor DPD Gerindra DIY di Jalan Tunjung, Gondokusuman, Jogja, Selasa (5/8/2023).

Nur Subiantoro menilai keberadaan saksi di TPS merupakan salah satu kunci sukses bagi partai politik untuk mengamankan suara setelah selesai pemungutan suara. Karena itu saksi TPS ini sebelum bertugas akan dilatih terlebih dahulu.

BACA JUGA: Sebagai Ketua Umum dan Calon Presiden Prabowo Dinilai Unggul Karena Tak Bisa 'Disetir'

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta kepada semua calon legislatif (Caleg) dari Gerindra untuk melakukan pergerakan ke bawah, mendengarkan suara masyarakat, membantu apa yang menjadi kesulitan masyarakat, dan mencarikan solusi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Sesuai dengan pesan Pak Prabowo bahwa ketika masyarakat membutuhkan maka kita harus hadir di situ,” ujarnya.

Lebih lanjut pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Bantul ini mengatakan untuk Pemilu 2024 mendatang pihaknya mendaftarkan sebanyak 55 caleg dari total tujuh daerah pemilihan (Dapil) di DIY. Ia menargetkan beberapa dapil mendapatkan dua kursi sehingga bisa tercapai 10 kursi.

Target tersebut diakuinya bukan hal yang mustahil karena dalam beberapa survei terakhir elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang tinggi dan Gerindra juga masuk dalam tiga besar keterpilihan.

Terkait komposisi caleg, Nur Subiantoro memastikan semua inkumben kembali maju untuk DPRD DIY. Ada juga inkumben dari DPRD Kabupaten dan kota yang maju ke tingkat provinsi. Termasuk dirinya. Selebihnya adalah wajah-wajah baru baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten dan kota.

Diketahui Nur Subiantoro sudah dua periode menjabat sebagai anggota DPRD Bantul dan menjabat sebagai wakil ketua. Dalam pemilu 2024 mendatang, Nur Subiantoro menjadi caleg DPRD DIY dari Dapil Bantul Timur.

Ia memastikan lumbung suara Gerindra di wilayah Bantul dan Gunungkidul akan tetap bertahan, bahkan bertambah. Namun ia tidak menapikan kabupaten Sleman, Kulonprogo dan Jogja juga terus digenjot untuk meningkatkan suara. 

BACA JUGA: Hasil Survei, Elektabilitas Prabowo Subianto di Posisi Tertinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Taruna STIP Jakarta Meninggal karena Dianiaya, Kemenhub Ikut Investigasi

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement