Advertisement

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,7 Guncang Cilacap Malam Ini, Begini Penjelasan BMKG

Abdul Hamied Razak
Selasa, 05 September 2023 - 22:26 WIB
Abdul Hamied Razak
Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,7 Guncang Cilacap Malam Ini, Begini Penjelasan BMKG Seismik gempa bumi / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gempa bumi tektonik Magnitudo 4,7 dengan kedalaman 10 km melanda wilayah Cilacap, Jawa Tengah pada Selasa (5/9/2023) sekitar pukul  21.35.54 WIB. 

Kepala Stageof Sleman BMKG Jogja Setyoajie Prayoedhie menjelaskan dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.41° LS; 109.05° BT tepatnya di laut pada jarak 76 km arah Tenggara Cilacap, Jawa Tengah dengan kedalaman 10 Km.

Advertisement

BACA JUGA: Gempabumi Magnitudo 5 Landa Pacitan, Sabtu 19 Agustus 2023

Lebih jauh, Setyo memaparkan jenis dan mekanisme gempa bumi tersebut. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar di laut," terangnya melalui siaran persnya, Selasa (5/9/2023).

Disebutkan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Pangandaran III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas) Garut, Tasikmalaya II-III MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan seperti truk yang melintas), Cilacap, Bantul II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga pukul 22.00 WIB, lanjut Setyo, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock). "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," jelas Setyo.

Dia menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta untuk menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement