Advertisement

Aplikasi Mobile JKN, Mudahkan Elly Akses Layanan JKN

Media Digital
Rabu, 06 September 2023 - 11:27 WIB
Ujang Hasanudin
Aplikasi Mobile JKN, Mudahkan Elly Akses Layanan JKN Ilustrasi BPJS Kesehatan. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

JOGJA—Saat cuaca tidak menentu, kesehatan badan perlu tetap terjaga. Sayangnya, saat ini ada ketidakpastian cuaca, serta masih ditambah dengan buruknya polusi udara di sekitar kita.

Memiliki dua anak dengan usia 7 dan 3 tahun membuat Elly Jumiati harus ekstra waspada pada kesehatan buah hatinya. Jangan sampai penyakit menghambat tumbuh kembangnya. Meski sayangnya, siapapun itu, termasuk Elly, tidak bisa menghindari sepenuhnya saat penyakit datang menghampiri.

Advertisement

“Saya menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional [JKN] yang dikelola BPJS Kesehatan segmen peserta mandiri. Selama menjadi peserta JKN, pernah menggunakan beberapa kali, sekitar setiap sebulan sekali, termasuk ketika anak-anak sakit,” kata Elly, Selasa (5/9).

Jenis penyakit yang dialami anaknya seperti batuk, pilek, sampai demam. Untungnya perawatan cukup dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau klinik. Elly tidak merasakan perbedaan pelayanan antara pasien JKN dengan pasien umum.

“Waktu itu pakai JKN di klinik daerah Magelang. Pelayanan sangat memuaskan dan responsif. Di fasilitas kesehatan, pengguna JKN dan pasien umum tidak ada perbedaan, antrean pelayanannya sama,” kata perempuan berusia 33 tahun ini.

BACA JUGA: Dirut BPJS Kesehatan Paparkan Inovasi Telemedicine dan Digital Health Dalam Program JKN

Di samping rasa aman, menjadi peserta JKN juga meringankan dari sisi biaya pengobatan. Terlebih lantaran Elly sudah punya dua anak. Selayaknya anak-anak, mereka sedang aktif-aktifnya berkegiatan. Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan, setidaknya ada yang menjadi jaminan kesehatan.

Tidak hanya pelayanan yang sama saat di fasilitas kesehatan, adanya Aplikasi Mobile JKN membuat Elly lebih mudah dalam mengurus banyak hal. Sesederhana mengambil antrean fasilitas kesehatan untuk anaknya, sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut.

“Pakai Aplikasi Mobile JKN juga untuk kebutuhan memeriksa jadwal dokter, bisa juga ambil antrean online [untuk pelayanan di fasilitas kesehatan] sebelum datang ke klinik di menu Pendaftaran Pelayanan [Antrean], dan saya juga bisa skrining kesehatan,” kata Elly.

Dengan antrean online yang bisa diakses di Aplikasi Mobile JKN, Elly dapat datang ke fasilitas kesehatan jika antreannya sudah dekat. Ini sangat memudahkan, waktu yang ada bisa Elly gunakan untuk kegiatan yang lain. Menjadi ibu, selain perlu total menjaga dan merawat anak, tetap perlu produktif. Waktu yang berharga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Aplikasi Mobile JKN,menurut Elly, membantunya mengefisienkan waktunya sebagai ibu rumah tangga dalam menyelesaikan berbagai urusannya, terutama kesehatan. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Serunya Menteri-Menteri Prabowo Pakai Safari ala Soekarno Saat Retreat, Ini Foto-Fotonya

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement