Advertisement

Lahan Tebu Pabrik Gula Madukismo di Bantul Terbakar

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 14 September 2023 - 10:37 WIB
Ujang Hasanudin
Lahan Tebu Pabrik Gula Madukismo di Bantul Terbakar Kebakaran lahan - hutan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kebakaran telah menghanguskan sebuah lahan tebu Pabrik Gula Madukismo seluas 150 meter persegi di Dusun Gedongan, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul. 

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan kejadian terjadi pada Rabu (13/9/2023) sekitar pukul pukul 17.50 WIB. Menurut Jeffry, awalnya kejadian kebakaran tersebut diketahui pelapor Aiptu Dono Indarto bersama dengan saksi Bripka Bintoro Dwi, anggota Polsek Bambanglipuro sepulang dari pengamanan barang bukti laka lantas. 

Advertisement

“Setiba di Mako Polsek Bambanglipuro, pelapor mendengar seperti ada sesuatu yang terbakar,” kata Jeffry, Kamis (14/9/2023). 

Kemudian pelapor bersama saksi mengecek sisi timur Mako Polsek Bambanglipuro dan mendapati di sisi barat lahan persawahan yang ditanami tebu sudah dilalap api. Kemudian, pelapor, saksi serta beberapa warga berupaya memadamkan api tersebut. Namun, upaya tersebut belum dapat memadamkan api.

BACA JUGA: Waspada! Sejak Juni, 65 Kebakaran Terjadi di Bantul akibat Aktivitas Bakar Sampah

“Dikarenakan lahan persawahan yang ditanami tebu tersebut terdapat daun tebu kering yang cukup banyak, sehingga api cepat menyebar ditambah angin yang cukup kencang mengakibatkan api semakin besar dan cepat merembet ke arah utara dan ke arah timur,” katanya. 

Setelah itu, menurut Jeffry, pelapor segera menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul untuk meminta bantuan dalam pemadaman api tersebut. 

“Selang beberapa saat satu unit [mobil] Damkar dengan Nopol. B 1267 XAL datang ke lokasi dan berhasil memadamkan kobaran api selama 20 menit,” katanya. 

Menurut Jeffry kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun harta benda. 

Menurutnya lahan tersebut merupakan tanah desa Kalurahan Sumbermulyo, yang selama ini disewa Pabrik Gula Madukismo untuk memasok bahan baku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement