Advertisement

Banyak Jalan Gelap di Bantul, Dishub: 6.000 Titik Belum Ada Penerangan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 15 September 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Banyak Jalan Gelap di Bantul, Dishub: 6.000 Titik Belum Ada Penerangan Ilustrasi Perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Beberapa jalan kabupaten dan jalan desa di Bantul kondisinya gelap. Hal tersebut lantaran masih terbatasnya jumlah lampu penerangan jalan umum (LPJU). 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Singgih Riyadi mengakui beberapa ruas jalan kabupaten dan jalan desa di Bantul masih kekurangan LPJU. Kebutuhan LPJU pada jalan kabupaten dan jalan desa di Kabupaten Bantul mencapai 19.000 titik. Sementara, LPJU yang ada hanya sekitar 13.000 titik. “Saat ini yang sudah terpasang sekitar 13.000, sehingga kami masih kekurangan kurang lebih 6.000 titik untuk seluruh ruas jalan di Bantul,” katanya, Jumat (15/9/2023).

Advertisement

Ke-13.000 lampu penerangan jalan tersebut, menurut Didik, sudah termasuk dengan pengadaan LPJU dengan APBD 2023 pada 1.003 titik jalan kabupaten dan jalan desa 2023. Kemudian pada anggaran perubahan APBD 2023 dianggarkan untuk pengadaan 300 titik untuk jalan desa. 

Menurut Singgih pihaknya pun akan berupaya untuk mengajukan pengadaan LPJU pada anggaran APBD tahun depan. Meski begitu Singgih belum dapat memastikan berapa alokasi untuk pengadaan LPJU tahun depan karena APBD belum ditetapkan. 

Selain itu, menurut Singgih perlu dilakukan pula upaya perawatan bagi LPJU yang telah terpasang, Namun, anggaran yang ada pada 2023 masih terbatas sekitar Rp450 juga, sementara kebutuhan anggarannya mencapai Rp.1,5 miliar. Menurut Singgih saat ini banyak LPJU yang perlu dilakukan perbaikan antara lain pergantian bagi LPJU yang bohlamnya mati, dan Miniature Circuit Breaker (MCB) yang hilang. 

BACA JUGA: Anggaran Terbatas, DIY Masih Kekurangan Lampu Jalan

Sementara anggaran terbatas pun menjadi kendala bagi Dishub DIY untuk melakukan pengadaan LPJU pada jalan provinsi tahun ini. Jalan provinsi di DIY hingga saat ini masih kekurangan sekitar 1.500 LPJU, sementara tahun ini hanya dilakukan pengadaan pada 90 titik. 

“Karena APBD kami terbatas, untuk menerangi jalan provinsi saja kita masih kurang, dan ini [lampu penerangan] jalan nasional sudah saya sampaikan ke Kepala BPTD untuk bisa dibantu, difasilitasi penerangan jalannya,” katanya Plh Dishub DIY, Sumariyoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement