Advertisement

Dishub Siap Majukan Transportasi di Sleman

Media Digital
Jum'at, 15 September 2023 - 09:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Dishub Siap Majukan Transportasi di Sleman Bagi Helm yang digelar oleh Dishub Sleman - Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sleman

Advertisement

SLEMAN—Berbagai kegiatan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada tanggal 17 September mendatang. Tidak hanya kegiatan olahraga, peringatan Harhubnas juga diisi dengan kegiatan bakti sosial.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Sulton Fatoni mengatakan, tema Harhubnas pada tahun ini yaitu “Melaju Untuk Transportasi Maju”. Di mana, tema ini relevan dengan visi Indonesia Emas 2045 yang dituntut untuk terus melakukan perbaikan, mengakselerasi pembangunan dan meningkatkan pelayanan.

Advertisement

BACA JUGA: Hari Perhubungan Nasional, Dishub Sleman Bagikan Puluhan Helm

Tema besar ini, kata Sulton sesuai dengan keinginan dari Dinas Perhubungan Sleman untuk memajukan transportasi di wilayahnya. Namun, sampai saat ini masih ada banyak kendala yang dihadapi.

"Untuk itu, kami saat ini sedang berusaha memperbanyak bus sekolah. Ini untuk memfasilitasi pelajar di Kabupaten Sleman. Hanya saja kemarin, karena pandemi jadi sedikit terhalang rencana ini," terangnya.

Lebih lanjut Sulton mengungkapkan, pada Harhubnas 2023 kali ini, pihaknya telah menggelar sejumlah kegiatan. Baik kegiatan yang digelar oleh Dinas Perhubungan Sleman, maupun kegiatan yang melibatkan Dinas Perhubungan di kabupaten lainnya di DIY serta Dinas Perhubungan DIY.

Khusus untuk kegiatan Harhubnas yang digelar oleh Dinas Perhubungan DIY, Sulton memaparkan ada beberapa kegiatan. Pada Sabtu (2/8/2023) lalu, bertempat di Lapangan Pemkab Sleman digelar kegiatan sepeda santai. Kegiatan sepeda santai ini diikuti oleh 350 peserta yang terdiri dari perwakilan Dishub se-DIY, BPRD Kelas III Yogyakarta, PT Damri, PT AMI, PT JTT, Daop VI Yogyakarta dan perwakilan PT Angkasa pura Yogyakarta.

"Kegiatan ini (sepeda santai) melibatkan semua unsur perhubungan termasuk mitra kerja perhubungan se-DIY. Selain itu juga ada beberapa rangkaian event lain yaitu berkaitan dengan olahraga, seni, baksos, kerja bakti dan upacara bendera pada 17 September 2023," terangnya.

Selain itu ada kegiatan membagikan sejumlah 52 helm kepada pengendara sepeda motor di sekitar GOR Pangukan, Tridadi, Sleman, pada Selasa (12/9/2023) pagi. Sulton menyebut kegiatan ini juga dalam rangka kampanye keselamatan lalu lintas. Helm tersebut diberikan kepada pengendara sepeda motor yang melintas di depan GOR Pangukan, dan memenuhi syarat ketertiban berlalu lintas.

"Tertib itu artinya ber-SIM, STNK masih berlaku, memakai helm dan seterusnya. Jumlahnya 52 sesuai dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional yang ke-52," sebutnya.

Diharapkan dengan kampanye ini, masyarakat akan semakin sadar keselamatan berkendara, baik tertib dalam hal administrasi kendaraan, ataupun tertib memakai kelengkapan alat keamanan dalam berkendara

Selain itu, Dinas Perhubungan Sleman juga menggelar bakti sosial kepada tukang parkir dan orang tidak mampu di sekitar Sleman. Di samping itu, Dinas Perhubungan Sleman dan Dinas Perhubungan DIY serta Dinas Perhubungan kabupaten dan kota di DIY menggelar kegiatan olahraga yan digelar di sejumlah tempat. 

"Kami juga melakukan pembersihan rambu lalu lintas. Tujuannya agar rambu tersebut mampu bekerja optimal," paparnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jemaah Calon Haji Disarankan Bawa Obat-obatan

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement