Advertisement

Menteri PPN Singgung Implementasi Teknologi RFID Pada Ternak

Catur Dwi Janati
Selasa, 26 September 2023 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Menteri PPN Singgung Implementasi Teknologi RFID Pada Ternak Suasana kunjungan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa di Sekolah Vokasi UGM pada Selasa (26/9/2023).(Harian Jogja - Catur Dwi Janati)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa menyinggung peluang penerapan teknologi dalam ketahanan pangan. Termasuk implementasi pada sektor peternakan secara luas maupun pada aspek produktivitas daging.

"Bagaimana ketahanan pangan kita termasuk misalnya soal daging itu tadi, ada kemampuan kita untuk membuat robot," kata Suharso pada Selasa (26/9/2023) di Sekolah Vokasi UGM.

Advertisement

Baca Juga: Dorong Transformasi Digital Peternak di Jogja, Amartha Gandeng BroilerX

Salah satu teknologi yang disebut Suharso bisa diimplementasikan pada peternakan ialah Radio Frequency Identification (RFID). Teknologi RFID kata Suharso bisa saja dipasang pada hewan-hewan ternak. Tujuannya, agar peternak dapat memonitor ternaknya lewat RFID yang dipasang pada ternak-ternak yang dibudidayakan.

"Saya bilang sekarang bagaimana kalau pembuatan robot dengan RFID. RFID-nya taruh di sapi. Taruh saja di ternak-ternak yang kemudian di situ dimonitor mengenai nutrisi, gizi dari ternak itu," kata Suharso.

Baca Juga: Telkom Dukung Akselerasi Digital Sektor Peternakan dengan Platform Antares

Lewat cara ini Kepala Bappenas berharap akan terjadi perbaikan di sektor peternakan Indonesia. "Mudah-mudahan akan terjadi perbaikan atas peternakan kita," lanjutnya.

Baca Juga: Terapkan Teknologi Pengolahan Susu, Dosen FBE UII Dampingi Peternak Sapi Perah di Sleman

Dekan Sekolah Vokasi (SV) UGM, Prof. Agus Maryono mengungkapkan dalam pertemuannya dengan Bappenas, SV didorong untuk mengembangkan teknologi di bidang pangan. Salah satunya soal implementasi RFID pada ternak.

"Ide-ide juga untuk mengembangkan IT dalam rangka pangan, sehingga tadi RFID yang dipasang di ternak ternak itu misalnya," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement