Advertisement

Anggaran Perbaikan Jalan Rp40 Miliar Tahun Ini Baru Terealisasi 50 Persen

Ujang Hasanudin
Rabu, 27 September 2023 - 20:07 WIB
Ujang Hasanudin
Anggaran Perbaikan Jalan Rp40 Miliar Tahun Ini Baru Terealisasi 50 Persen Petugas sedang mengaspal ruas Jalan Bangunjiwo-Metes, Bantul, Rabu (27/9/2023). - Istimewa/dok.Humas Pemkab Bantul

Advertisement

‎Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul tahun 2023 ini menganggarkan Rp40 miliar untuk perbaikan jalan yang menjadi kewenangan kabupaten maupun jalan desa atau kalurahan. Namun sampai September ini baru terealisasi 50%.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permumiman (DPUPKP) Bantul, Aris Suharyanta mengatakan anggaran untuk perbaikan jalan baik jalan kabupaten dan jalan desa dianggarkan mencapai Rp40 miliar pada tahun 2023 ini.

Advertisement

Anggaran tersebut untuk pembangunan 18 kilometer jalan kabupaten dan juga jalan desa. Namun realisasinya sampai saat ini baru 50% dan akan dikebut selesai semuanya di bulan Desember mendatang. 

“Kami akan bekerja secara maksimal agar anggaran Rp40 miliar pada tahun 2023 semuanya bisa terealisasi sehingga harapan masyarakat terkait jalan yang rusak untuk diperbaiki dapat direalisasikan,” katanya kepada wartawan, Rabu (27/9/2023)

Salah satu ruas jalan yang sedang diperbaiki adalah Jalan Bangunjiwo-Metes di Kapanewon kasihan, Bantul sepanjang 5,2 kilometer dengan anggaran Rp7,3 miliar. Jalan tersebut diperbaiki karena mengalami kerusakan di sejumlah titik. Padahal jalan itu merupakan penunjang sentra industri di tiga kapanewon, yakni Kasihan, Sedayu, dan Pajangan.

BACA JUGA: Perbaikan Infrastruktur di Bantul Digenjot 2 Tahun ke Depan, Ini Titik Sasarannya

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan akses ruas Jalan Bangunjiwo-Metes sangat vital berada di daerah yang merupakan sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Bantul.

Diharapkan setelah jalan selesai diaspal maka mobilitas warga akan semakin bagus dan bergerakan barang juga akan semakin lancar yang pada akhirnya akan menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Di Kapanewon Pajangan, Sedayu dan Kasihan merupakan kawasan yang ditetapkan untuk kawasan industri sehingga akses jalan yang bagus sangat penting untuk mendukung mobilitas barang dan orang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pesawat Cessna Jatuh di BSD Tangsel, 3 Orang Tewas

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement